Kapolda NTT Tindak Tegas Perusuh PSU Sabu Raijua, Masyarakat jangan Anarkis

Kapolda NTT Tindak Tegas Perusuh PSU Sabu Raijua, Masyarakat jangan Anarkis

Kupang, penatimor.com – Kapolda NTT, Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., mengingatkan kepada semua pihak terutama masyarakat di Kabupaten Sabu Raijua agar menjaga keamanan dan ketertiban sebelum, saat dan setelah Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Kabupaten Sabu Raijua.

PSU di Kabupaten Sabu Raijua diagendakan pada Rabu (7/7/2021) mendatang.

Warga masyarakat yang memiliki hak pilih di Kabupaten Sabu Raijua juga diminta menggunakan hak pilih dengan baik menggunakan hati nurani memilih pemimpin terbaik.
Bagi yang menganggu pelaksanaan PSU maupun mengacaukan keamanan maka akan ditindak sesuai ketentuan yang berlaku.

“Siapapun yang mengacaukan atau menganggu pelaksanaan PSU maka kami akan tindak secara tegas. Akan kami proses sesuai hukum yang berlaku,” tegas jenderal polisi bintang dua ini.

Masyarakat di Kabupaten Sabu Raijua juga diminta menghormati proses yang ada dan menghargai hasil PSU.

“Apapun hasilnya dan siapa pun yang terpilih, itu lah pilihan rakyat yang harus kita hormati,” tandas Kapolda NTT.

Jika ada dugaan kecurangan atau hal yang tidak sesuai, masyarakat diminta menyalurkan melalui prosedur yang ada sesuai koridor aturan.

“Jangan main hakim sendiri apalagi berbuat anarkis. Salurkan dugaan kekurangan itu melalui jalur yang sudah ada dan pada lembaga yang resmi, bukan dengan aksi kekerasan,” ujar Kapolda NTT.

Masyarakat diminta menjaga keamanan dan ketertiban sehingga PSU berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

“Jika ada ketidak puasan bisa melalui Bawaslu atau pengadilan, bukan dengan aksi di jalan apalagi bertindak anarkis. Kami akan tindak tegas,” tambah Kapolda NTT.

Guna mengamankan PSU di Kabupaten Sabu Raijua maka Polda menggeser ratusan anggota untuk perkuatan pengamanan PSU.

“Polda back up supaya PSU berjalan lancar dan kita berharap lahir pemimpin pilihan rakyat serta tidak ada lagi PSU, biar pemimpin terpilih konsentrasi mengurus masyarakat di Kabupaten Sabu Raijua,” ujar Kapolda NTT.

Pada Kamis (1/7/2021) lalu sekitar pukul 03.00 wita, 152 anggota gabungan BKO dalam rangka pengamanan PSU tiba di Pelabuhan Seba, Kabupaten Sabu Raijua dengan menggunakan KMP Umakalada.

152 personel ini dipimpin oleh Kompol Alvinus Wabang dan dilakukan pengecekan di Mapolres Sabu Raijua oleh Kapolres Sabu Raijua AKBP Jakob Seubelan, SH.
Dari 152 personel BKO ini, juga terdapat kendaraan pendukung, masing-masing kendaraan roda  6 sebanyak 3 unit, kendaraan roda 2 sebanyak 80 unit yang terdiri dari 21 unit kendaraan bermotor dinas dan 59 unit kendaraan bermotor umum.

Berdasarkan Sprint Kapolda NTT Nomor SPRIN/553/V/ OPS.2 2021, personel yang melaksanakan BKO pada Polres Sabu Raijua sebanyak 172 orang.

Namun yang tiba di Kabupaten Sabu Raijua sebanyak 152 orang.

16 personel Brimob sementara dalam perjalanan dari Atambua Kabupaten Belu menuju Kupang dan ke Sabu Raijua, sementara 4 orang sedang melaksanakan izin khusus. (mel)