IMI NTT Gelar Rakerprov, 3 Kejuaraan Nasional Sukses di 2023, Terus Promosi Wisata dan Aksi Sosial

IMI NTT Gelar Rakerprov, 3 Kejuaraan Nasional Sukses di 2023, Terus Promosi Wisata dan Aksi Sosial

KUPANG, PENATIMOR – Ikatan Motor Indonesia (IMI) Provinsi NTT mengadakan Rapat Kerja Provinsi (Rakerprov) tahun 2023-2024.

Kegiatan bertajuk, Bangkit dan Berkembang Bersama, tersebut berlangsung di Hotel New Sasando Kupang, Jumat (22/3/2024) siang.

Raker ini bertujuan untuk melakukan evaluasi kinerja tahun 2023, sekaligus membahas program selama tahun 2024, dan menyusun kegiatan sesuai bidang, serta penyampaian laporan realisasi program kerja IMI.

Ketua IMI NTT, Gavriel Novanto, dalam sambutannya, mengatakan bahwa Raker IMI Provinsi NTT digelar untuk mengevaluasi kinerja dan menentukan langkah-langkah strategis IMI NTT selama satu tahun ke depan.

Dimana, IMI NTT selama 2023 telah berhasil menggelar tiga kejuaraan tingkat nasional pada event Grasstrack Motor, yang diselenggarakan di Kota Kupang, So’E Kabupaten Timor Tengah Selatan, dan Waingapu Kabupaten Sumba Timur.

Selain event Grasstrack, adapun kejuaraan lokal berupa Event Road Race, yang diselenggarakan di Kabupaten Kupang, TTU dan Belu.

Adapula kegiatan-kegiatan lain yang dilaksanakan IMI NTT selama tahun 2023, yakni pada bidang wisata untuk mempromosikan pariwisata NTT, dan juga bidang sosial.

“IMI juga terlibat di pariwisata, karena wisata di wilayah NTT sangat bagus, sehingga dengan dipromosi maka otomatis ekonomi akan naik. Hal ini merupakan usaha kami untuk meningkatkan ekonomi masyarakat pasca pandemi Covid-19,” sebut Gavriel Novanto.

Selain menggelar kegiatan otomotif dan touring, IMI NTT juga melaksanakan kegiatan aksi sosial dengan membantu masyarakat-masyarakat yang terdampak bencana.

“Contohnya saat bencana banjir di Fatuleu Tengah, Kabupaten Kupang, IMI NTT hadir melakukan evakuasi dan membuka akses jalan dengan kendaraan offroad,” imbuhnya.

Atas kinerja selama ini, Gavriel menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pengurus IMI NTT yang telah sukses melaksanakan sejumlah event di tahun 2023.

“Paling terutama semua rekan-rekan pengurus IMI NTT yang sudah bekerja menuntaskan agenda otomotif tahun 2023,” tandas Gavriel.

Sementara, Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda NTT, Kombes Restika Pardamean Nainggolan yang mewakili Kapolda NTT, dalam sambutannya ketika membuka Rakerprov IMI NTT, mengatakan, pihaknya mengapresiasi program kerja yang sudah dilaksanakan oleh IMI NTT.

Menurutnya, program kerja IMI NTT sepanjang tahun 2023 seperti aksi-aksi sosial, telah berdampak dan dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Pak Kapolda berharap program kerja tahun 2025 nanti, IMI NTT bisa membuat even-even yang bertaraf nasional dan internasional. Dan tentunya tetap dapat melaksanakan kegiatan bakti sosial,” ujar Kombes Restika.

Ia juga berharap ke depan pihak Kepolisan dan IMI NTT bisa bersinergi membuat kegiatan-kegiatan yang positif, sehingga bisa memberikan dampak kepada masyarakat.

“Kami berharap di tahun 2024 dan 2025 nanti, IMI bisa semakin maju dan semakin baik, sesuai moto IMI, bangkit dan berkembang bersama. Selamat melaksanakan Rakeprorv IMI NTT, semoga sukses, lancar dan mendapatkan ridho dari Yang Maha Kuasa,” pungkasnya.

Panitia Pelaksana Rakerprov IMI NTT, Matheos Atasoge, dalam laporannya menyampaikan, tujuan dilaksanakannya Rakerprov adalah untuk menjalankan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) IMI NTT.

Pelaksanaan kegiatan Rakerprov IMI NTT juga bertujuan untuk menampung aspirasi dari klub peserta dan peninjau IMI NTT.

“Tujuan berikut adalah mengevaluasi program dan kegiatan yang dilaksanakan tahun 2023 dan 2024. Untuk peserta yang tercatat sudah hadir berjumlah 15 orang, dari 50 peserta dan 11 klub peninjau,” ujar Matheos.

“Semoga Rakerprov ini berjalan dengan baik, sehingga dapat melahirkan gagasan-gagasan cerdas untuk kemajuan IMI NTT ke depan,” lanjut dia.

Rakerprov IMI NTT juga dihadiri oleh Kapolresta Kupang Kota Kombes Aldinan Manurung, Kasrem 161 Wira Sakti Kupang, perwakilan Danlanud dan Danlantamal, Kadispora Kabupaten Kupang, serta para pengurus IMI NTT. (wil)