Seminar Describe About Things Around You Bersama Pater Fritz Meko di FISIP Unwira Kupang

Seminar Describe About Things Around You Bersama Pater Fritz Meko di FISIP Unwira Kupang

KUPANG, PENATIMOR – Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang menjadi tempat digelarnya seminar bertajuk “Describe About Things Around You”.

Pater Golderfridus Meko, SVD., MA., atau yang akrab disapa Pater Fritz Meko, tampil sebagai pematerinya. Ia adalah seorang penulis buku yang sangat mempersuasif anak-anak muda untuk melihat kehidupan, tidak dari satu sisi saja. Tetapi bagaimana anak-anak muda bisa mendeskripsikan sesuatu di sekitar mereka.

Pater Fritz Meko datang ke Prodi Ilmu Komunikasi untuk mengajarkan tentang komunikasi persuasif pada Jumat (9/6/2023).

Dalam paparannya, Pater Fritz mengatakan bahwa komunikasi itu seperti tumbuhan, dimana tumbuhan bisa berkomunikasi dengan sesamanya menggunakan bahasa mereka sendiri, tetapi mereka tidak bisa berdialog layaknya manusia.

“Karena tumbuhan tidak memiliki pikiran. Manusia sendirilah yang mempunyai pikiran. Ketika adik-adik sudah lulus dari kampus ini, ingat, ciptakanlah lapangan kerja yang mencari pekerjaan 80%, dan membuat lapangan kerja 20% mencari pekerjaan,” kata Pater Fritz Meko.

Dia juga mengajarkan para mahasiwa Prodi Ilmu Komunikasi untuk konsisten dan berkomitmen terhadap diri sendiri.

Pater Fritz mengaku mempunyai kebiasaan sedari kecil yang ia pegang sampai sekarang, yaitu membaca buku. Hal ini sangat membantunya ketika ingin tampil kedepan, menulis berita, puisi, ataupun memberikan opini yang ia naikan di media massa.

Ia selalu menanamkan pemikiran habitualisasi dan scriptomesia, dimana habitualisasi adalah bagaimana kita mengubah segala kesukaan kita menjadi habit atau kebiasaan kita. Begitupula, Scriptomesia, yaitu bagaimana kita bisa menungangkannya di dalam sebuah tulisan.

Pater Fritz menegaskan, bahwa seseorang tidak hanya cukup memiliki mindset, tetapi mereka juga harus memiliki heartset dan skillset.

“Mindset adalah tata pikiran, heartset adalah tata batin, dan skillset adalah tata keterampilan atau kemampuan. Pemikiran seperti ini akan membantu kita di masa yang akan datang,” tegas Pater Fritz.

Seminar yang dibawa oleh Pater Fritz ini dipenuhi canda tawa yang tidak membuat para mahasiwa/i tegang di dalamnya.

Diakhir seminar, Pater Fritz membuka sesi tanya jawab dengan hadiah buku “Realistis Hidup dan Warnanya”. Dari sesi tanya jawab ini, ada empat orang yang berhasil mendapatkan buku tersebut. (Sharon Desya Victoria Soplanit/Mahasiswi Ilmu Komunikasi UNWIRA Kupang)