Polres Flotim Amankan 1 Pelaku TPPO, Rekrut Tiga Orang untuk Bekerja di Malaysia

Polres Flotim Amankan 1 Pelaku TPPO, Rekrut Tiga Orang untuk Bekerja di Malaysia

LARANTUKA, PENATIMOR – Unit Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) Satreskrim Polres Flores Timur (Flotim) berhasil mengamankan seorang terduga pelaku Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di wilayah hukumnya.

Pelaku diketahui bernama Philipus Bugit Sogen, warga Beloaja, Desa Sinar Hadigala, Kecamatan Tanjung Bunga, Kabupaten Flotim.

Pelaku ditangkap karena telah merekrut tiga calon pekerja non prosedural di wilayah Flotim.

Ketiga korban adalah Dominikus Derosari, Al Siga, dan Hendrikus Kelen.

Pelaku berhasil diamankan polisi di wilayah Beloaja, RT 007/RW 004, Desa Sinar Hadigala, Kecamatan Tanjung Bunga, pada Selasa (13/6/2023) malam.

Penangkapan pelaku dipimpin langsung oleh Kanit Tipidter Polres Flotim, Ipda Stefen A. Lindimara.

Kasus TPPO ini tertuang dalam laporan polisi Model A Nomor: LP/A/209/VI/2023/SPKT/Polres Flores Timur/Polda NTT, tanggal 12 Juni 2023.

Kapolres Flores Timur AKBP I Gede Ngurah Joni Mahardika yang dikonfirmasi awak media, pada Rabu (13/6/2023), membenarkan penangkapan pelaku TPPO tersebut.

Dijelaskan Kapolres, awalnya pada bulan April 2023, pelaku membujuk dan merekrut para korban untuk diperkerjakan pada perkebunan kelapa sawit di daerah Kalabakang, Malaysia Timur. Para korban juga dijanjikan akan diberikan upah sebesar Rp7.000.000 per bulan.

“Para korban rencananya akan diberangkatkan dengan kapal Pelni KM Lambelu pada tanggal 19 April 2023,” beber Kapolres.

Setelah mendapatkan informasi itu, dan kemudian laporan polisi, Satgas TPPO melakukan pemeriksaan terhadap para saksi-saksi, dan akhirnya berhasil menangkap pelaku di kediamannya.

Sejumlah barang bukti diamankan bersama dengan pelaku masing-masing, 1 buah handphone, KTP, buku tabungan BRI, dan kartu ATM BRI atas nama pelaku. (wil)