Besok, Wakil Jaksa Agung RI Kunjungi Kejati NTT, Pantau Kesiapan WBK, Serahkan Hewan Kurban

Besok, Wakil Jaksa Agung RI Kunjungi Kejati NTT, Pantau Kesiapan WBK, Serahkan Hewan Kurban

KUPANG, PENATIMOR – Wakil Jaksa Agung Republik Indonesia, Dr. Sunarta, SH., MM., akan melakukan kunjungan kerja ke Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Timur (Kejati NTT) selama dua hari, Kamis-Jumat (22-23/6/2023).

Kunjungan orang nomor dua di korps Adhyaksa ini dalam rangka kegiatan Asistensi Reformasi Birokrasi Kejaksaan Republik Indonesia.

Untuk diketahui, di tahun 2023, selain Kejati NTT, terdapat dua Kejari, yaitu Kejari Kabupaten Kupang dan Kejari Flores Timur, yang ikut diusulkan untuk dinilai menjadi nominasi satu kerja menuju predikat Zona Integritas (ZI) Wilayah Bebas Korupsi (WBK).

Terpantau, berbagai persiapan telah dilakukan di lingkungan kantor Kejati NTT untuk menyambut kedatangan sosok yang pernah menjabat Kajati NTT itu.

Wakil Jaksa Agung RI, Sunarta dijadwalkan tiba di Bandara El Tari Kupang sekira pukul 06.30 Wita, Kamis (22/6/2023).

Selanjutnya, Sunarta beserta rombongan akan menuju kantor Kejari Kabupaten Kupang di Oelamasi.

Di tempat ini, selain melakukan peninjauan kantor, Sunarta juga akan mendengar langsung presentasi dari Kajari Kabupaten Kupang dan Kajari Flores Timur tentang kesiapan WBK.

Kemudian, pada pukul 14.00 Wita, sosok yang pernah menjabat JAM Pidana Umum dan JAM Intelijen itu akan meninjau kantor Kejati NTT, sekaligus memberikan pengarahan kepada Kajati NTT dan Wakajati NTT, beserta jajaran Asisten dan Kajari.

Sementara, pada Jumat (23/6/2023), sekira pukul 07.00 Wita, pria yang juga mantan Kajati Jawa Timur itu akan berkesempatan melakukan senam pagi bersama seluruh pegawai Kejati NTT.

Usai senam pagi, Sunarta akan melakukan penyerahan hewan kurban secara simbolis kepada sejumlah masjid di Kota Kupang.

Sosok yang juga mantan Wakajati Sulawesi Selatan itu juga akan didaulat melakukan penyematan sabuk hitam kepada para atlet Dojang Adhyaksa Taekwondo Club (ATC) Kejati NTT, sekaligus menyerahkan tali asih kepada sejumlah atlet berprestasi. Hal ini dikarenakan, Dojang ATC Kejati NTT pertama kali terbentuk saat Sunarta menjabat sebagai Kajati NTT.

Profil Singkat Dr. Sunarta

Presiden Joko Widodo menunjuk Sunarta menjadi Wakil Jaksa Agung berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 180/TPA Tahun 2021 tanggal 31 Desember 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kejaksaan Agung Republik Indonesia.

Sunarta sebelumnya menjabat sebagai Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen (JAM-Intel). Pria kelahiran 12 Juni 1964 ini menempuh pendidikan sarjana hukum di Universitas Padjajaran (Unpad). Sunarta juga sudah beberapa kali menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) dan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) di sejumlah wilayah berbeda.

Mulai dari Kepala Kejaksaan Negeri Padang Panjang, Kepala Kejaksaan Negeri Banyuwangi, Kepala Kejaksaan Negeri Palembang, Kepala Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Timur, dan Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur.

Sunarta juga sempat menduduki jabatan strategis lainnya di Kejaksaan Agung. Tahun 2014, Sunarta mengisi posisi Kasubdit Jamintel. Selanjutnya, pria yang juga alumni program doktor (S3) Universitas Pasundan ini pun menjadi Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Umum (JAM-Pidum) di tahun 2020.

Tidak lama kemudian, pada 30 Juli 2020, ia ditunjuk menjadi Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen. Kini Sunarta dipercayakan Jokowi untuk membantu Jaksa Agung Saintiar Burhanuddin sebagai Wakil Jaksa Agung Republik Indonesia. (bet)