RSUP Ben Mboi Segera Diresmikan, Melki: Bentuk Tanggungjawabnya sebagai Wakil Rakyat NTT

  • Bagikan
RSUP Ben Mboi Segera Diresmikan, Melki: Bentuk Tanggungjawabnya sebagai Wakil Rakyat NTT

KUPANG, PENATIMOR – Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena menggelar Sosialisasi Fasilitas Pelayanan Kesehatan di Jemaat GMIT Emanuel Haukoto, Kelurahan Fatukoa, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, Senin (12/12/2022) petang.

Pada kesempatan itu, politikus Partai Golkar yang akrab disapa Melki Laka Lena itu mengatakan, dalam waktu dekat Rumah Sakit Umum (RSU) Pusat Pratama Kupang segera diresmikan pada 22 Desember 2022 mendatang.

“Tinggal menunggu waktu dari Menteri Kesehatan dan Gubernur,” kata legislatif asal Dapil NTT 2 itu.

Selain itu menurut Melki, rumah sakit terbesar di NTT itu juga akan diberi nama RSUP Ben Mboi sebagai penghormatan terhadap mendiang mantan Gubernur NTT tersebut.

Penggunaan nama Ben Mboi dikarenakan beliau juga merupakan tokoh kesehatan, baik di tingkat daerah maupun nasional.

Sebelumnya ada dua nama tokoh kesehatan NTT yang diusulkan menjadi nama RSUP Kupang yaitu Ben Mboi dan Hendrik Fernandez.

Namun akhirnya dipakai Ben Mboi karena merupakan senior.

RSUP Ben Mboi Segera Diresmikan, Melki: Bentuk Tanggungjawabnya sebagai Wakil Rakyat NTT

Melki jelaskan, RSUP Kupang juga telah menyediakan rumah duka sebanyak dua unit bagi masyarakat yang ingin menyemayamkan jenazah.

Adapun juga untuk model ikoniknya pada RSUP yang sudah dikonsep adalah Sasando.

Sehingga kehadiran RSUP di Kota Kupang adalah bentuk tanggungjawab dirinya sebagai wakil rakyat dari NTT.

“Karena fungsi sebagai legislatif untuk mendorong kebijakan dalam rangka memperkuat fasilitas kesehatan di Provinsi NTT,” tandas Melki.

Sebagai Anggota DPR RI, Melki mengaku telah berjuang untuk menghadirkan 50 puskesmas yang tersebar di seluruh NTT, dan telah membangun tiga Rumah Sakit Pratama di Kabupaten TTS, TTU dan Manggarai.

Sedangkan untuk tahun 2023, Provinsi NTT akan mendapat satu lagi rumah sakit pratama di Kabupaten Malaka yang merupakan bantuan dari Kementerian Kesehatan RI.

“Saya akan dorong terus agar pembangunan kesehatan bisa maksimal di Provinsi NTT,” tegas Melki yang juga Ketua DPD Partai Golkar NTT. (wil)

  • Bagikan