Polda Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Saat Malam Pergantian Tahun di Kupang

  • Bagikan
Polda Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Saat Malam Pergantian Tahun di Kupang

KUPANG, PENATIMOR – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda NTT saat ini sedang melaksanakan Operasi Lilin Turangga 2022 untuk pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2023.

Pengamanan yang diprioritaskan pada gereja dan pusat keramaian itu dimulai sejak 24 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023 nanti.

Direktur Lalu Lintas Polda NTT Kombes Pol. Rahmat Hidayat yang diwawancarai melalui Kabag Ops Kompol Wibowo, Rabu (28/12/2022) siang, mengatakan, khusus pada malam pergantian tahun, pihaknya telah mempersiapkan rekayasa lalu lintas pada jalur utama dalam Kota Kupang.

Tindakan ini bertujuan memberikan rasa aman bagi umat Kristiani yang melaksanakan ibadah akhir tahun.

Selain itu Ditlantas juga akan fokus pada setiap sasarannya, untuk mencegah aktivitas balap liar dan pawai malam tahun baru, hingga mengurangi titik berkumpulnya masyarakat saat malam pergantian tahun.

Menurut Kompol Wibowo, pihaknya juga berupaya meminimalisir berbagai penyakit masyarakat yang sering terjadi.

“Masyarakat cenderung berkumpul saat malam pergantian tahun, hanya ada yang mabuk-mabukan lalu memicu pertikaian dan konflik hingga lakalantas. Ini yang akan kita cegah agar tidak terjadi lagi,” kata Kompol Wibowo.

“Dengan demikian kami juga akan memberikan rasa aman bagi masyarakat dari luar kota yang ingin menikmati suasana malam pergantian tahun di dalam Kota Kupang,” lanjut dia.

Ia juga mengimbau kepada semua masyarakat, khususnya pengendara sepeda motor agar selalu mematuhi peraturan lalu lintas, yaitu memakai helm saat berkendara di jalan raya dan tidak menggunakan knalpot racing.

“Pelanggar akan ditindak tegas sesuai ketentuan hukum yang berlaku,” tegas Kompol Wibowo. (wil)

  • Bagikan