13 Warga Negara Irak dan 3 Kru Kapal Diamankan Polres Rote Ndao

  • Bagikan
13 Warga Negara Irak dan 3 Kru Kapal Diamankan Polres Rote Ndao

KUPANG, PENATIMOR – Sebanyak 13 warga negara Irak beserta tiga kru kapal yang terdampar di perairan Rote Ndao telah diamankan oleh aparat kepolisian setempat.

Mereka diamankan polisi di Titik Nol Desa Dodaek, Kecamatan Rote Selatan, Kabupaten Rote Ndao pada Rabu (14/12/2022) siang.

“Imigran dan kru kapal sudah diamankan di Mapolres Rote Ndao untuk diambil keterangan,” kata Kabid Humas Polda NTT Kombes Pol. Ariasandy, S.I.K., saat dikonfirmasi awak media ini, Kamis (15/12/2022) pagi.

Menurut Kombes Ariasandy, 13 warga negara Irak dan 3 kru kapal tersebut diamankan anggota Polsek Rote Timur setelah mendapat laporan dari warga setempat.

“Ada laporan warga bahwa ada satu kapal kayu yang membawa penumpang berisi WNA dari Australia menuju Indonesia yang akan melintasi perairan Laut Rote. Saat diamankan, mereka langsung dibawa ke Mapolres Rote Ndao untuk pemeriksaan lebih lanjut,” lanjut Ariasandy.

Ketiga kru kapal yang diamankan merupakan warga Desa Papela Kecamatan Rote Timur, yakni Isro Pello (Nahkoda, 29 tahun), Aris Djawa (ABK, 28 tahun), dan Rayan Hidayat Gafur (ABK, 30 tahun).

Sementara 13 warga negara Irak terdiri atas 8 laki-laki, yaitu Mushin Hassan, Bnyat Khdhir, Mond Khdhir, Abdulbaqi Abdulbaqi Hasan, Dlsher Khder, Ahmed Sdeek Omar, Zherwan Hussen, dan Beston Mohamd Ali.

Sementara 5 perempuan adalah Ilham Haji, Renas Gohdar Ali, Anahi Abdulbaqi, Rezhan Talih, dan Limas Dlsher. (wil)

  • Bagikan