BMKG Peringatkan Potensi Angin Kencang di Wilayah NTT

BMKG Peringatkan Potensi Angin Kencang di Wilayah NTT

KUPANG, PENATIMOR – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini adanya potensi angin kencang yang perlu diwaspadai hingga 16 Juni 2022 mendatang di wilayah NTT.

Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang, Agung Sudiono Abadi, pada Sabtu (11/6/2022), mengatakan, daerah yang perlu mewaspadai terjadinya angin kencang adalah di Pulau Timor, Alor, Rote, Sabu, dan Sumba.

“Suhu udara berkisar dari 21 hingga 33°C, kelembaban udara berkisar antara 55 sampai 95 persen dan arah angin timur hingga tenggara dengan kecepatan angin 10 sampai 40 km/jam,” sebut Agung.

Selain itu menurut Agung, juga perlu diwaspadai potensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir di wilayah NTT.

Sementar itu, pada tanggal 10 hingga 13 Juni nantinya Pulau Timor, Sumba, Flores, Alor dan Pulau Pantar diperkirakan akan mengalami cuaca yang cerah berawan hingga berawan dengan berpotensi hujan ringan dan dapat disertai petir.

Sementara, Pulau Rote dan Sabu, Adonara, Pulau Solor, dan Pulau Lembata umumnya cerah berawan hingga berawan pada rentang waktu itu.

Lalu di tanggal 14 hingga 16 Juni 2022 umumnya cuaca cerah berawan hingga berawan yang berpotensi hujan ringan dan dapat disertai petir terjadi di Pulau Rote saja.

“Namun demikian seluruh pulau lainnya di wilayah NTT umumnya cerah berawan hingga berawan dan berpotensi hujan ringan hingga sedang yang dapat disertai petir,” imbuhnya.

Agung juga menyebut pada umumnya wilayah NTT telah berada pada musim kemarau dengan suhu muka laut di wilayah berkisar antara 29.0 °C hingga 31.0 °C dengan anomali suhu muka laut di wilayah NTT berkisar antara 1.5 °C hingga +2.5 °C. (wil)