HUKRIM  

Cegah Korupsi pada Pengadaan Barang-Jasa, Kajari TTU Tatar Pejabat Pemkab

Cegah Korupsi pada Pengadaan Barang-Jasa, Kajari TTU Tatar Pejabat Pemkab

KEFAMENANU, PENATIMOR – Tidak hanya gencar menangani perkara tindak pidana korupsi, namun Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) juga memberikan penerangan hukum terkait pencegahan korupsi kepada aparatur pemerintah daerah dan masyarakat.

Seperti yang dilakukan Kajari TTU Roberth Jimmy Lambila, SH.,MH., pada Senin (21/3/2022) pagi di Aula lantai 2 kantor Bupati TTU.

Kajari TTU melakukan sosialisasi tentang proses pengadaan barang/jasa dengan materi tentang bentuk-bentuk korupsi yang sering terjadi dan sering dilakukan pada setiap tahapan pelaksanaan pengadaan barang dan jasa.

Cegah Korupsi pada Pengadaan Barang-Jasa, Kajari TTU Tatar Pejabat Pemkab

Khususnya pada tahapan pengadaan barang, korupsi pada pekerjaan konstruksi, tahapan pada pekerjaan jasa konsultasi dan korupsi pada pekerjaan jasa lainnya.

Kehadiran orang nomor satu korps Adhyaksa di Bumi Biinmafo itu atas undangan Bupati TTU Drs. Juandi David.

Kegiatan ini diikuti oleh Wakil Bupati TTU Drs. Eusabius Binsasi, Kepala Satuan Kerja, Pejabat Pengadaan, PPK serta pihak lainnya yang terkait dengan pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pemerintah di Kabupaten TTU.

Hal ini dilakukan dengan tujuan agar para Pengguna Anggaran, PPK, Pejabat Pengadaan dan pejabat lainnya di Pemkab TTU dapat menghindari praktek-praktek korupsi yang sering terjadi di lapangan yang kemudian menimbulkan kerugian bagi pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten TTU.

Cegah Korupsi pada Pengadaan Barang-Jasa, Kajari TTU Tatar Pejabat Pemkab

Kajari TTU pada kesempatan itu, mengatakan, dengan materi yang disampaikan, semua Pejabat Pengadaan, PPK dan pihak terkait lainnya tetap menjaga integritas dan tetap taat asas untuk menghindari perbuatan tercela serta mencegah adanya kerugian keuangan negara.

“Karena selama ini penanganan perkara tindak pidana korupsi yang ditangani aparat penegak hukum terbanyak pada sektor pengadaan barang dan jasa pemerintah yang berhubungan dengan kemaslahatan masyarakat Kabupaten TTU,” kata Roberth Lambila dalam forum yang juga dihadiri Kapolres TTU itu.

“Untuk itu sangat diharapkan agar dengan pemberian sosialisasi ini para pejabat terkait dapat menjaga integritas untuk kemajuan daerah Kabupaten TTU,” imbuhnya. (wil)

Lebih lengkapnya simak video ini: