Terbukti Berzina, Oknum ASN di Kupang Jalani Masa Hukuman di Lapas

Terbukti Berzina, Oknum ASN di Kupang Jalani Masa Hukuman di Lapas

KUPANG, PENATIMOR – Jaksa eksekutor pada Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Kupang di Oelamasi telah melakukan eksekusi terhadap terpidana Ir Erens Alexander Ch. Giri (56) dan Rinanti.

Erens selaku terpidana perkara perzinahan dieksekusi ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kupang.

Sementara Rinanti dieksekusi ke Lapas Wanita Kelas III Kupang.

Keduanya dieksekusi untuk menjalani masa hukuman sesuai putusan Pengadilan Tinggi Kupang yang telah berkekuatan hukum tetap.

Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejari Kabupaten Kupang, Pethres M. Mandala, SH., yang dikonfirmasi media ini, membenarkan.

“Ya, terpidana Erens Alexander Ch. Giri dan Rinanti telah kami eksekusi ke Lapas sesuai putusan hakim untuk menjalani masa hukuman masing-masing,” kata Pethres.

Majelis hakim Pengadilan Tinggi Kupang dalam putusannya menyatakan Ir Erens Alexander Ch. Giri dan Rinanti telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana perzinahan.

Majelis hakim dalam amar putusannya juga menjatuhkan pidana penjara selama 5 bulan, dan membebankan biaya perkara dalam dua tingkat peradilan yang dalam tingkat banding sebesar Rp 5000.

Putusan ditetapkan dalam rapat permusyarawaran majelis hakim pada Pengadilan Tinggi Kupang pada Selasa (24/8/2021), dan selanjutnya dibacakan pada persidangan, Selasa (31/8/2021) oleh Hakim Ketua Arie Winarsih, SH.,M.Hum, didampingi Hakim Anggota Cening Budiana, SH.,MH., dan I Wayan Sosiawan, SH.,MH.

Pada putusan Pengadilan Negeri Kelas IA Kupang, Erens Alexander Ch. Giri yang juga warga Jalan Mongensidi  III-41, RT 024/RW 007, Kelurahan Nefonaek, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, divonis dengan hukuman penjara selama 7 bulan.

Terhadap putusan ini, Erens Giri yang juga seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) itu melakukan upaya hukum banding dan divonis 5 bulan penjara. (wil)