Pemilik Truk yang Ditabrak Anggota Polres Belu jadi Tersangka

  • Bagikan
Pemilik Truk yang Ditabrak Anggota Polres Belu jadi Tersangka

Kupang, penatimor.com – Vincentius Nahak Taek (43), pemilik dump truk yang diparkir dan ditabrak anggota Polres Belu ditetapkan sebagai tersangka.

Kapolres Belu, AKBP Christian Tobing, SIK MSi melalui Kasat Lantas Polres Belu, AKP Shabda Purusha Putra, SIk membenarkan hal tersebut saat ditemui di Hotel Aston Kupang, Selasa (28/10/2019) di sela-sela Rakor Triwulan III Polda NTT tahun 2019.

“Pemilik dump truk lalai sehingga ditetapkan sebagai tersangka,” ujar Kasat Lantas Polres Belu.

Atas kelalaiannya, tersangka telah melanggar pasal 310 ayat (1) Undang-Undang RI nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Tersangka pun diamankann di Mapolres Belu hingga beberapa hari kedepan sambil dirampungkannya berkas perkara kasus ini. Polisi sudah memeriksa beberapa saksi antara lain Ambrosius Bria (51) dan Derson Rayon (41), warga Dusun Bakateu Desa Wehali Kecamatan Malaka Tengah Kabupaten Malaka Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dari hasil penyelidikan kasus ini, terjadinya kecelakaan Lalu Lintas tersebut karena pengendara sepeda motor Brigpol Fabianus Lau (31) yang saat itu bergerak dari arah Betun menuju arah Harekakae Kabupaten Malaka tidak hati-hati dan tidak memperhatikan kendaraan mitshubishi dump truck yang sementara berhenti sehingga menabrak dari arah belakang.

Polisi yang menerima laporan langsung ke lokasi kejadian mengamankan barang bukti, mencari saksi-saksi dan mencari identitas pengendara dan pengemudi serta pemilik kendaraan.

Polisi juga melakukan olah tempat kejadian perkara dan melakukan visum rumah sakit Webua Betun Kabupaten Malaka.

Kecelakaan lalu lintas merengut nyawa anggota Polri yang bertugas di Polres Belu terjadi pada Minggu (27/10/2019) subuh sekitar pukul 01.30 Wita di jalan raya jurusan Betun menuju Harekakae, tepatnya di Dusun Bakateu, Desa Wehali, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Diberitakan sebelumnya, kecelakaan lalu lintas merengut nyawa anggota Polri yang bertugas di Polres Belu kembali terjadi pada Minggu (27/10/2019) subuh sekitar pukul 01.30 Wita di jalan raya jurusan Betun menuju Harekakae, tepatnya di Dusun Bakateu, Desa Wehali, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kecelakaan lalu lintas melibatkan sepeda motor yamaha x-ride warna biru nomor polisi DH 88 CL yang menabrak dari arah belakang kendaraan mitsubishi dump truk warna kuning nomor polisi DH 9152 EE.

Sepeda motor x-ride nomor polisi DH 88 CL dikendarai seorang diri Brigpol Fabianus Lau (31), anggota Polres Belu yang ditugaskan di Polsek Malaka dan tinggal di Wemalae Desa Wehali Kecamatan Malaka Tengah Kabupaten Malaka.

Sementara pengemudi mitsubishi dump truk tidak diketahui pengemudi nya karena saat kejadian sedang parkir di sisi kiri jalan.

Brigpol Fabianus Lau mengalami retak pada dahi, luka robek pada dahi, bengkak pada dahi kanan, lebam mata kiri, patah tulang rusuk sebelah kiri, luka lecet lengan tangan kiri, luka lecet lutut kaki kiri, luka lecet luka lecet jari jempol kaki kanan dan meninggal dunia setelah dirawat beberapa saat.

Korban Brigpol Fabianus Lau saat itu mengendarai sepeda motor seorang diri tanpa membonceng penumpang bergerak dari arah Betun menuju arah Harekakae Kabupaten Malaka.

Sesampainya di tempat kejadian perkara, sepeda motor tersebut menabrak dari arah belakang kendaraan mitshubishi dump truck warna kuning nomor polisi DH 9152 EE yang saat itu berhenti badan jalan sebelah kiri dari arah Betun sesaat sebelum terjadinya kecelakaan.

Akibat dari kecelakaan tersebut pengendara sepeda motor Brigpol Fabianus Lau mengalami luka-luka dan tidak sadarkan diri.

Brigpol Fabianus Lau langsung dievakuasi sejumlah warga disekitar lokasi kejadian ke Puskesmas Webua Betun Kabupaten Malaka.

Kasat Lantas Polres Belu, AKP Shabda Purusha Putra SIK yang dikonfirmasi membenarkan hal tersebut.

Disebutkan kalau terjadinya kecelakaan lalu lintas tersebut karena Pengendara sepeda motor Brigpol Fabianus Lau yang saat itu bergerak dari arah Betun menuju arah Harekakae tidak hati-hati dan tidak memperhatikan kendaraan mitshubishi dump truck yang sementara berhenti sehingga menabrak dari arah belakang.

Polisi dari Unit Laka Sat Lantas Polres Belu masih mencari identitas pengendara dump truk serta mencari saksi-saksi yang mengetahui peristiwa tersebut. (mel)

  • Bagikan