Satlantas Polres Kupang Kota Tingkatkan Pelayanan Melalui Program KESAMBER POLISI

  • Bagikan
Satlantas Polres Kupang Kota Tingkatkan Pelayanan Melalui Program KESAMBER POLISI

Kupang, penatimor.com – Polisi lalu lintas (Polantas) di Satuan Lalu Lintas Polres Kupang Kota Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki terobosan program unik dalam rangka meningkatkan dan mewujudkan pelayanan Polri pada masyarakat di Kota Kupang.

Di bawah pimpinan Kasat Lantas Polres Kupang Kota, Iptu Rocky Junasmi, SIK., MHum., jajaran Sat Lantas Polres Kupang Kota membantu anak sekolah di Kota Kupang untuk diantar ke sekolah.

Sejak beberapa waktu lalu Sat Lantas Polres Kupang Kota melakukan program Ke Sekolah Aman Bersama Polisi (KESAMBER POLISI).

“Ini merupakan sebuah program pelayanan terhadap masyarakat khususnya para pelajar yang diberi nama KESAMBER POLISI (kesekolah aman bersama polisi),” ujar Kasat Lantas Polres Kupang Kota, Iptu Rocky Junasmi usai pelaksanaan kegiatan tersebut.

Dalam pelaksanaan program ini, polisi lalu lintas melakukan patroli pemantauan arus lalu lintas Kota Kupang pada pagi hari.

Satlantas Polres Kupang Kota Tingkatkan Pelayanan Melalui Program KESAMBER POLISI

Saat itu lah program Kesamber Polisi dilaksanakan untuk mengurangi jumlah anak-anak di bawah umur menggunakan kendaraan bermotor yang berisiko kepada keselamatan jiwa di jalan raya.

Polisi memberikan pelayanan terhadap anak-anak sekolah yang membutuhkan angkutan menuju sekolahnya, sekaligus petugas memberi edukasi penting kepada setiap anak-anak yang menumpang.

Setiap pagi, antara pukul 06.30 hingga 07.30 wita, polisi lali lintas menyediakan 4 unit kendaraan roda 4 patroli lalu lintas.

Kendaraan lalu lintas ini beroperasi setiap hari sekolah mulai pukul 06.30 wita sampai 07.30 wita di sejumlah rute yang ramai dilalui anak sekolah.

Ada 4 pos penting di Kota Kupang masing-masing Pos Lantas Eltari – Terminal Oebufu – Terminal Oepura – Eltari 1 untuk melayani siswa SMA Negeri 3, SMA Negeri 5 dan SMK Negeri 4 Kota Kupang yang berada di Jalan WJ Lalamentik dan belakang Makorem 161/Wirasakti Kupang di Kelurahan Oebufu Kecamatan Oebobo Kota Kupang serta SD BERTINGKAT NAIKOTEN di Jalan Jenderal Soeharto Kelurahan Naikoten I Kecamatan Oebobo Kota Kupang.

Satlantas Polres Kupang Kota Tingkatkan Pelayanan Melalui Program KESAMBER POLISI

Rute berikut nya Pos Lantas Eltari – Jalan Frans Seda – Jalan Piet A.Tallo yabg dilintasi siswa SMA Negeri 2, SMK Negeri 3 dan SMP Negeri 5 Kota Kupang yang berada di Kawasan Kelurahan Kelapa Lima Kecamatan Kelapa Lima.

Ada pula jalur Pos Lantas Eltari – Jalan Cak Doko – Jalan Tompelo – Gereja Katedral Kristus Raja Kupang untuk melayani siswa SD di cabang air, SMA Negeri 1, SMP Negeri 2 dan SD Lentera Kota Kupang yang melintasi Jalan Cak Doko Kelurahan Oebobo, Jalan Tompello Kelurahan Oetete hingga halte Kelurahan merdeka Kecamatan Kota Lama Kota Kupang.

Sedangkan rute lain berada di Teluk Kupang – Jalan Timor Raya – Strat A – Ahmad Yani yang melintasi kawasan SMK Negeri 2, SMA Katolik GIOVANI, SMP Katolik ST THERESIA, SMP Adiyaksa Kupang melewati Jalan Timor Raya, Jalan Ahmad Yani hingga Jalan Urip Sumohardjo Kota Kupang.

Pada setiap titik rute yang ada disiapkan mobil partoli Sat Lantas Polres Kupang Kota.

Bagi para pelajar yang membutuhkan angkutan menuju sekolah bisa atau dapat memberhentikan setiap kendaraan patroli lalulintas dengan tanda lampu rotator menyala serta terdapat stiker KESAMBER POLISI pada bagian depan Kendaraan.

Terkadang anggota polisi lebih proaktif menawarkan jasa kendaraan untuk mengantar anak sekolah hingga ke pintu gerbang sekolah.

Satlantas Polres Kupang Kota Tingkatkan Pelayanan Melalui Program KESAMBER POLISI

Sasarannya adalah pelajar yang kesekolah dengan sepeda motor terutama penumpang sepeda motor yang tidak menggunakan helm.

Polisi mendatangi siswa yang menumpang sepeda motor tanpa menggunakan helm dan meminta turun dari sepeda motor serta menawarkan untuk diantar ke sekolah.

Demikian pula siswa yang sedang menunggu angkutan umum dijalur dan rute yang dilintasi dilayani untuk pengantaran hingga ke sekolah.

Kegiatan ini diberikan secara gratis kepada seluruh pelajar yg membutuhkan angkutan menuju sekolah sesuai dengan rute yang sudah ditentukan.

Di saat pengantaran itu lah polisi mulai memberikan edukasi sepanjang perjalanan agar siswa menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas serta patuh dan taat berkendaraan terutama menggunakan helm saat berkendaraan.

Siswa juga diminta agar tidak ugal-ugalan di jalan raya serta tetap berhati-hati dengan menjaga ketertiban selama berkendaraan.

Ella Mooy (17), siswa kelas XII jurusan gambar bangunan pada SMKN 2 Kota Kupang mengaku sangat terbantu dengan kegiatan tersebut.

“Kita aman selama berkendaraan karena diantar polisi hingga ke sekolah dan kita juga mendapatkan pelajaran gratis mengenai lalu lintas karena hal ini tidak diajarkan ke sekolah,” ujar siswa yang tinggal di Kelurahan Lasiana Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang ini.

Ia beralasan tidak menggunakan helm saat berkendaraan karena menumpang sepeda motor kakak nya oleh karena terburu-buru dan sudah terlambat masuk sekolah.

Kasat Lantas Polres Kupang Kota Iptu Rocky Junasmi, SIK MHum mengakui kalau kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian polisi pada masyarakat. (mel/wil)

  • Bagikan