UTAMA  

Upacara Hardiknas, Wali Kota Kupang Salah Sebut Sila Ke-2 Pancasila

Upacara Hardiknas, Wali Kota Kupang Salah Sebut Sila Ke-2 Pancasila

Kupang, penatimor.com – Salah menyebutkan isi sila Pancasila oleh pejabat publik setingkat kepala daerah juga terjadi di Kota Kupang.

Kali ini dilakukan Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Balai Kota Kupang, Kamis (2/5) pagi.

Orang nomor satu di Pemkot Kupang itu menyebutkan isi sila keempat yang berbunyi, “Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, sebagai sila kedua yang seharusnya, “Kemanusiaan yang Adil dan Beradab”.

Insiden salah ucap isi sila kedua Pancasila ini pun membuat peserta upacara kaget.

Wali Kota saat mengucapkan Pancasila tidak menggunakan teks, tetapi dengan cara melafal, sehingga membuatnya salah menyebutkan isi sila kedua.

Salah satu peserta upacara yang enggan identitasnya dipublikasi, mengatakan salah pengucapan isi sila Pancasila tersebut sangat manusiawi, dan setiap orang, apapun jabatannya bisa saja membuat kesalahan serupa.

Dia memaklumi hal tersebut, apalagi Wali Kota mengucapkan isi Pancasila dengan cara melafalkannya.

“Siapa saja bisa salah ucap Pancasila, termasuk Wali Kota sekalipun. Apalagi beliau langsung meralat. Kita maklumi. Ini manusiawi,” kata perempuan berkaca mata yang berbusana adat ini.

Namun ada juga peserta upacara yang prihatin, karena salah ucap isi Pancasila seharusnya tidak terjadi lagi, apalagi dilalukan oleh pejabat kepala daerah.

“Membaca atau melafalkan Pancasila ini merupakan sesuatu yang rutin dilakukan dalam upacara-upacara pemerintahan. Sehingga tidak ada alasan untuk salah ucap. Anak kecil saja mampu melafalkan dengan baik,” kritik peserta upacara ini sembari menolak menyebutkan identitasnya.

Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore belum berhasil dikonfirmasi terkait kejadian salah ucap isi sila Pancasila ini. Dihubungi ke nomor ponselnya namun tidak aktif. (R1)