Unwira Kupang Gelar Buka Puasa Bersama

  • Bagikan
Unwira Kupang Gelar Buka Puasa Bersama

Kupang, penatimor.com – Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang menggelar acara buka puasa bersama melibatkan seluruh mahasiswa yang beragama Islam.

Buka puasa bersama dilangsungkan di Aula Unwira Kupang, Selasa (21/5).

Kegiatan yang mengusung tema, “Semangat kebersamaan dalam bingkai ukhuwah inshaniyah wa wathaniyah”, berlangsung penuh khidmat.

Rektor Unwira Kupang Pater Dr. Philipus Tule, SVD., mengatakan, dengan perintah Allah untuk berpuasa, umat Islam dengan penuh kesadaran melaksanannya dengan harapan akan rahmat, pahala dan ridho dari Nya.

Unwira Kupang Gelar Buka Puasa Bersama

Menurut Rektor, puasa mengandung makna sebagai usaha menahan diri dari segala hal yang dapat membatalkan puasa dari terbitnya fajar hingga matahari terbenam.

Hal ini sesuai dengan amanat Allah dalam QS Al Baqarah ayat 187.

“Dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam,” ungkap Rektor.

Sementara, Ketua Dewan Masjid Indonesia Kota Kupang, Ustad Mokhsen Thalib, memberikan apresiasi kepada pimpinan Unwira untuk memberikan kesempatan menyelenggarakan kegiatan tersebut meski Unwira merupakan perguruan tinggi Katolik.

Menurut Mokhsen, keberagaman yang ada di NTT merupakan kekayaan yang sangat luar biasa dan perlu didorong untuk terus dilestarikan.

“Kita harus maknai ini sebagai pemberian dari Tuhan dan harus ditunjukan untuk kemajuan pembangunan ke depan,” ujarnya.

Unwira Kupang Gelar Buka Puasa Bersama

Koordinator Campus Ministry, Pater John Salu, SVD., MA., dalam kesempatan tersebut mengatakan dialog dalam masyarakat berbeda kaum, agama dan budaya akan mempertemukan aneka sudut pandangan yang menghasilkan nilai-nili keadilan dan kebaikan.

“Budaya hidup bersama berpangkal dari sikap positif terhadap kepelbagaian.
Kepelbagaian adalah kekayaan dan keindahan. Kepelbagaian yang diurus dan dikendalikan dengan bijaksana akan menghasilkan kesalingan yang produktif, saling memperkaya dan memperkasa,” paparnya.

Turut hadir dalam buka puasa bersama ini mahasiswa Pasca Sarjana MM 31, Annastasya Priscilla Rissi, SE.

Di sela-sela kegiatan tersebut, Annastasya mengatakan, kegiatan yang laksanakan merupakan momen silaturahmi dengan sesama angkatan, kampus serta tokoh-tokoh dari berbagai agama untuk menjaga kebersamaan, kekeluargaan yang ada di NTT khususnya di Unwira Kupang.

Unwira Kupang Gelar Buka Puasa Bersama

Selain untuk merajuk kebersaman dan menjaga kerukunan umat beragama, kegiatan ini juga sebagai bentuk dukungan kepada Unwira dalam menunjang kenaikan status akreditasinya.

“Hadir juga mahasiswa pasca serjana angkatan 29, 31, 30 dan 32. Upaya ini agar ketika kita sudah menjadi alumni, minimal kita sudah berkontribusi untuk Unwira,” tuturnya.

Selain kegiatan buka puasa, ada juga kegiatan memberikan sembako kepada panti asuhan.

“Hasil sumbangan ini berkat kerja sama kita semua untuk mengumpulkan sumbangan secara sukarela,” tutup Annastasya Priscilla Rissi. (R3)

  • Bagikan