PLN Jamin Listrik Menyala Selama Kunker Kepala Negara di NTT

  • Bagikan
PLN Jamin Listrik Menyala Selama Kunker Kepala Negara di NTT

Kupang, Penatimor.com – PLN Unit Induk Wilayah  Nusa Tenggara Timur (NTT) siap mengamankan kelistrikan kunjungan kerja (Kunker) Presiden RI, Joko Widodo bersama rombongan di Kabupaten Belu, Senin (20/5/2019.

GM PLN UIW NTT, Ignatius Rendroyoko mengatakan, untuk mengamankan kelistrikan selama kunjungan kepala negara tersebut pihaknya melibatkan 112 personil. Ada empat titik yang menjadi prioritas pengamanan pasokan listrik, yaitu Bandara Eltari, Powerhouse bandara, Bandara A.A Bere Tallo, dan Bendungan Rotiklot.

“Masing-masing lokasi mendapat pasokan listrik sebanyak dua sampai tiga lapis dan petugas siaga. Suplai utama tetap menggunakan penyulang pertama dan kedua dan back up genset, kemudian dibackup unintrerupable power supply (UPS) yang sudah dilakukan Maintenance seperti (Ganti oli, Pembersihan Filter BBM dan Pengecekan Aki) sebelumnya,” ungkap Rendroyoko, Senin (20/5/2019).

Rendroyoko menjelaskan, seperti di VVIP Bandara Eltari dengan penyuplai utama dari Penyulang Bandara 53 kVa dengan cadangan back up Penyulang Oesao dan Genset 85 kVa.

Selanjutnya, di Powerhouse Bandara Eltari dengan kapasitas 865 kVA dengan suplly pertama Penyulang Bandara lalu di Backup : Penyulang Oesao  dan Genset : 2×500 kVA. Ketiga ada Bandara A.A Bere Tallo dengan kapasitas daya 131 KVA disertai Genset Pelanggan 128 KW dan BackUp Penyulang Haliwen Genset: 128 kW dan Keempat  Bendungan Rotiklot dengan Daya pelanggan : 23 KVA dan penyuply Utama : Genset PLN 40 KW, kemudian di BackUp : Penyulang Atapupu, UPS Mobile serta Genset : 40 KW

“Selama kunjungan tersebut, PLN menerapkan siaga kelistrikan dengan menyiapkan petugas siaga 24 jam, standart operating procedure (SOP) dan simulasi switching supply listrik apabila terjadi gangguan pada suplai utama di masing – masing titik dan sudah melakukan uji switching dilakukan mulai dari hari sabtu dan minggu (18,19/05) hingga pukul 08.52 WITA pagi tadi,” jelasnya.

Dia menyampaikan, pasukan PLN selain di empat titik juga disiapkan tersebar di beberapa titik lainnya seperti di PLTU Bolok, GI Maulafa, GI Atambua, dan Posko Induk Kupang dan Posko Atambua disamping lokasi strategis Bandara Eltari Kupang, Masjid Mujahidin Atambua, Bandara Atambua dengan puncak acara Bendungan Rotiklot Belu.

“Puji Tuhan semua tahap uji selesai dan berjalan lancar, dari pemasangan ACOS di VVIP Pemda Bandara Internasional Eltari Kupang, kesiapan dan simulasi pembangkit cadangan kapasitas dan simulasi switching yang kita lakukan apabila terjadi gangguan pada suplai utama maka backup suplai yang kami siapkan dapat langsung masuk dalam waktu kurang dari 1 detik,” kata Rendroyoko.

Rendroyoko berharap, kunjungan Presiden Jokowi ke Nusa Tenggara Timur berjalan lancar dan listrik aman. (R2)

  • Bagikan