Jokowi: Kunci Kemakmuran di NTT Hanya Ketersediaan Air

  • Bagikan
Jokowi: Kunci Kemakmuran di NTT Hanya Ketersediaan Air

Atambua, penatimor.com – Presiden Joko Widodo baru saja meresmikan Bendungan Rotiklot di Kabupaten Belu, Senin (20/5) sore.

Dengan peresmian Bendungan Rotiklot, Presiden berharap masyarakat Belu bercocok tanam di musim kemarau tanpa khawatir kekurangan air.

“Akhirnya selesai juga. Bendungan Rotiklot di Desa Fatuketi, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur sudah terisi air saat saya datang meresmikannya, sore ini. Nantinya, masyarakat Belu bisa bercocok tanam di musim kemarau tanpa khawatir kekurangan air,” tulis Presiden Jokowi di wall akun facebook nya.

Jokowi: Kunci Kemakmuran di NTT Hanya Ketersediaan Air

Presiden Indonesia ketujuh ini juga mengatakan kunci kemakmuran dan kesejahteraan di NTT hanya satu yaitu ketersediaan air.

“Dari dulu saya sampaikan, kunci kemakmuran dan kesejahteraan di NTT hanya satu: ketersediaan air. Karena itulah, dari 49 bendungan baru yang dibangun sepanjang 2015-2019, tujuh tujuh bendungan di antaranya dibangun di NTT yakni Bendungan Raknamo, Rotiklot, Napun Gete, Temef, Manikin, Mbay, dan Welekis,” sambung Presiden.

Masih menurut Presiden, Bendungan Rotiklot menjadi sumber irigasi untuk mengairi 139 hektare lahan pertanian, dan bisa dipakai untuk pembangkit listrik tenaga air, tempat wisata, dan sumber air baku bagi penduduk Kabupaten Belu.

Bendungan ini menurut Jokowi, bisa menampung 3,30 juta meter kubik air dengan luas genangan 29,91 hektare.
“Saya berharap masyarakat Kabupaten Belu bisa merasakan manfaat kehadiran Bendungan Rotiklot ini,” harap Presiden.

Sebelumnya, Presiden Jokowi bertolak menuju Provinsi NTT menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1, melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta Senin (20/5) pagi.

Setibanya di Bandar Udara Internasional El Tari, Kota Kupang, pukul 12.16, Presiden bersama rombongan langsung menuju Kabupaten Belu dengan menggunakan Pesawat CN-295 TNI AU.

“Di Belu, Presiden akan meresmikan Bendungan Rotiklot yang berada di Dusun Rotiklot, Desa Fatuketi, Kecamatan Kakuluk Mesak,” ucap Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.
Usai kegiatan di Belu, Presiden ketujuh RI beserta rombongan dijadwalkan langsung menuju Bandara A. A. Beri Tallo, Kabupaten Belu untuk menuju Kota Kupang.

Perjalanan Presiden ke Jakarta akan dilanjutkan dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dari Bandara Internasional El Tari, Kupang, pada sore hari.

Dalam penerbangan menuju NTT, Presiden didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, hingga Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak. (R4)

  • Bagikan