Calon Taruna Polri di NTT Diminta Bersaing Secara Sehat

  • Bagikan
Calon Taruna Polri di NTT Diminta Bersaing Secara Sehat

Kupang, penatimor.com – Calon taruna (Catar) Akademi Kepolisian (Akpol) Panda Polda NTT TA 2019 diminta bersaing secara sehat dalam setiap tahapan pelaksanaan seleksi.

Pesan dan permintaan ini disampaikan Karo SDM Polda NTT, Kombes Pol Trio Santoso, SH., saat ujian dan pemeriksaan psikologi tahap I penerimaan Akpol TA 2019 Panda Polda NTT, Rabu (8/5) di Aula Rupatama lantai 3 Mapolda NTT.

Tes psikologi, tandas Karo SDM Polda NTT yang juga ketua panitia pelaksana penerimaan polisi tingkat Polda NTT itu, merupakan tes lanjutan setelah peserta mengikuti seleksi administrasi awal, tes kesehatan I dan tes jasmani.

“Ini (tes psikologi) merupakan tes yang kesekian yang harus Anda lewati,” ujar Karo SDM Polda NTT.

Calon Taruna Polri di NTT Diminta Bersaing Secara Sehat

Selaku penanggung jawab tes, dia berharap agar para catar mempersiapkan mental dan diri untuk mengerjakan soal-soal psikologi. Kepada pengawas baik internal maupun eksternal.

Karo SDM juga meminta agar pengawas melaksanakan tugas sesuai fungsi dan peran masing-masing sehingga rekrutmen yang dilakukan benar-benar bersih, transparan, akuntabel dan humanis.

Dia juga berharap agar proses rekrutmen penerimaan anggota Polri TA. 2019 tingkat Polda NTT berjalan baik dan lebih baik dari pelaksanaan tahun sebelumnya.

“Rekrutmen (harus) lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

Dia juga berharap kepada seluruh panitia pelaksana penerimaan Polri Panda Polda NTT TA 2019 agar memegang janji sesuai yang disampaikan saat penandatanganan pakta integritas 3 Mei 2019 yang lalu. “Pegang janji pakta integritas,” tegas Karo SDM Polda NTT.

Bagi calon taruna yang mengikuti tes, Karo SDM pun berharap agar para peserta berkompetisi secara sehat.

“Catar bersaing secara sehat dan raihlah nilai terbaik sehingga kita menghasilkan taruna Akpol asal NTT yang benar-benar membanggakan,” tambah Karo SDM Polda NTT.

Calon Taruna Polri di NTT Diminta Bersaing Secara Sehat

Seluruh Catar juga diminta mengikuti tahapan seleksi dengan baik,Tes psikologi bagi Catar Akpol Panda Polda NTT TA 2019 diikuti 22 orang peserta terdiri dari 21 orang pria dan satu orang wanita.

Para peserta mengikuti lima tahapan tes masing-masing tes kecerdasan, kepribadian, kecermatan I dan kecermatan II serta pass hand.

Seluruh pelaksanaan tes dilakukan secara transparan. Sebelum penggandaan soal ujian, panitia harus meminta pasword dari Biro Psiko Mabes Polri untuk membuka soal ujian.

Sementara itu seluruh perangkat yang digunakan untuk mengolah hasil ujian diperiksa terlebih dahulu oleh petugas dari Stikom Uyelindo Kupang yang memastikan kalau komputer, printer dan alat cetak soal ‘steril’ dan layak digunakan.

Hasil tes langsung diolah panitia disaksikan langsung peserta dan pengawas serta langsung diumumkan.

Pelaksanaan tes diawasi pengawas internal dari Bid Propam Polda NTT dan Itwasda Polda NTT serta pengawas eksternal dari AJI Kota Kupang.

Pelaksanaan tes juga dipantau langsung ketua tim ujian psikologi, Kombes Pol Tjuk Winarko yang juga Karo Rena Polda NTT dan Kombes Pol Agus Suyoto yang juga Kabid Propam Polda NTT. (R3)

  • Bagikan