UTAMA  

Dukcapil Kota Kupang Siap Launching Kartu Identitas Anak

Dukcapil Kota Kupang Siap Launching Kartu Identitas Anak

Kupang, penatimor.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Kupang siap melaunching pengurusan Kartu Idenditas Anak (KIA) pada 25 April mendatang, tepatnya saat perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Kupang.

Sesuai dengan rencana, Dukcapil akan membuka stand atau posko pelayanan di Balai Kota Kupang, dan Wali Kota Kupang akan menyerahkan secara simbolis KIA ini kepada tiga orang anak, masing-masing mewakili SD, SMP dan SMA.

Hal ini dijelaskan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Dukcapil Agus Ririmase, saat diwawancarai di Balai Kota Kupang, belum lama ini.

Agus Ririmase menjelaskan, Dinas Dukcapil menyiapkan 10.000 blanko untuk kepengurusan KIA ini.

Untuk melaunching KIA akan dilakukan di Balai Kota Kupang. Namun selanjutnya, pelayanan pengurusan KIA akan dilakukan di Kantor Dinas Dukcapil.

“Kami juga menyiapkan tiga alat pencetakan KIA. Memang untuk KIA pengurusannya lebih mudah dibandingkan dengan KTP-e, dan kami sudah menyiapkan semuanya termasuk SDM,” kata Agus Ririmase.

Dia mengaku, saat ini dirinya juga sudah berkoordinasi dengan semua pihak untuk pelaksanaan kegiatan ini, mulai dari tenda, tenaga kerja dan alat.

“Kepengurusan KIA ini memang tidak ribet seperti KTP-e yang membutuhkan perekaman dan lain sebagainya. KIA hanya membutuhkan kartu keluarga dan akta kelahiran anak, bagi anak usia 0 sampai 5 tahun tidak membutuhkan pas foto, sementara anak usia 6 sampai 16 tahun membutuhkan pas foto warna satu lembar ukuran 3×4 dan foto yang menggunakan pakaian seragam sekolah,” ujarnya.

Dia mengaku, untuk kepengurusan KIA memang tidak membutuhkan waktu yang lama, dimana proses mencetak satu KIA hanya membutuhkan waktu dua menit saja.

“Untuk SDM sudah dipersiapkan secara baik, jadi ada petugas yang akan ditempatkan untuk melayani KIA.

Mereka juga merupakan petugas yang bekerja untuk melayani KTP-e, jadi jika ada yang datang mengurus KTP maka mereka layani, tetapi jika ada yang mengurus KIA, mereka akan layani juga,” ujarnya. (R1)