631 Anggota Polri dan ASN di Polda NTT Naik Pangkat, Ada 2 Kombes

631 Anggota Polri dan ASN di Polda NTT Naik Pangkat, Ada 2 Kombes

KUPANG, PENATIMOR – Sebanyak 631 orang anggota Polri dan ASN Polri di Polda NTT mengalami kenaikan pangkat untuk periode 1 Juli 2024.

Upacara kenaikan pangkat tersebut dilaksanakan di lapangan Polda NTT pada Selasa (2/7/2024), dipimpin langsung oleh Kapolda NTT, Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga.

Dari 631 orang yang naik pangkat, 163 orang berasal dari Satker Polda NTT dan 468 orang dari Polres jajaran.

Dalam sambutannya, Kapolda NTT menekankan bahwa kenaikan pangkat merupakan kebanggaan yang tidak diterima secara cuma-cuma.

“Pangkat ini tidak begitu saja disematkan. Kenaikan pangkat adalah anugerah dan capaian luar biasa,” ujar Kapolda NTT.

Kapolda menjelaskan bahwa Polda NTT terus melakukan evaluasi terhadap prosedur kenaikan pangkat.

Kenaikan pangkat bagi ASN didasarkan pada nilai kredit, sementara bagi anggota Polri, akumulasi penilaian kinerja menentukan kelayakan kenaikan pangkat.

Penilaian dilakukan secara ketat, termasuk pemantauan absensi dan pelaksanaan ibadah.

Kapolda juga mengingatkan agar anggota dan ASN yang naik pangkat tetap rendah hati dan meningkatkan profesionalisme.

“Tetap rendah hati. Jangan hanya pangkat tinggi, tapi profesionalisme juga harus meningkat. Kenaikan pangkat ini merupakan kepercayaan dari Tuhan untuk berbuat lebih baik,” tegas Kapolda NTT.

Selain itu, Kapolda mengingatkan bahwa anggota dan ASN dihormati bukan hanya karena pangkat, tetapi juga karena profesionalisme.

“Anda dihormati karena pangkat naik dan juga dihormati karena profesional. Tantangan ke depan semakin spesifik,” lanjut Kapolda.

Di antara yang naik pangkat, terdapat 2 auditor Kepolisian Madya Tk III Itwasda Polda NTT, Achmad Muzayin dan FX Irwan Arianto, yang naik dari Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) menjadi Komisaris Besar Polisi (Kombespol).

Selain itu, 5 perwira di Polda NTT dan Polres jajaran naik pangkat dari Kompol menjadi AKBP, 3 di antaranya bertugas di Polda NTT dan 2 di Polres jajaran.

Kenaikan pangkat juga meliputi 14 perwira pertama (Pama), delapan menjadi AKP, 5  menjadi Iptu, dan 1 menjadi Ipda.

Sebanyak 583 bintara Polri juga naik pangkat, termasuk 225 menjadi Aiptu, 65 menjadi Aipda, 52 menjadi Bripka, 92 menjadi Brigpol, dan 149 menjadi Briptu. Selain itu, ada 1 orang Tamtama yang naik pangkat menjadi Bharaka.

Secara keseluruhan, 611 anggota Polri dan 20 ASN Polri di Polda NTT mengalami kenaikan pangkat pada periode ini.

Kapolda NTT berharap mereka terus bekerja dengan baik dan mengabdikan diri dengan tulus demi kemajuan institusi dan masyarakat. (wil)