Sidik Korupsi Dana Desa di Malaka, Jaksa Sita Uang Ratusan Juta

Sidik Korupsi Dana Desa di Malaka, Jaksa Sita Uang Ratusan Juta

ATAMBUA, PENATIMOR – Tim penyidik Kejaksaan Negeri Belu saat ini sedang melakukan penyidikan terhadap kasus dugaan korupsi dana desa pada salah satu desa di Kecamatan Rinhat, Kabupaten Malaka, tahun anggaran 2022.

Tim penyidik juga baru saja melakukan serangkaian kegiatan dalam rangka penyidikan dengan memeriksa saksi dan juga melakukan penyitaan terhadap benda dan/atau dokumen terkait kasus yang sedang disidik.

Penyitaan ini dilakukan pada Jumat (19/4/2024), oleh tim penyidik yang dipimpin Kasi Pidsus Shelter F. Wairata, SH., bersama Kasi Pidum Reza F. Afandi, SH.,MH., didampingi Jaksa fungsional Alfredo J.M. Manullang, SH.,MH., dan dua orang staf.

Sidik Korupsi Dana Desa di Malaka, Jaksa Sita Uang Ratusan Juta

Penyidik menyita uang tunai senilai Rp 120 juta lebih yang merupakan bagian dari dana desa yang telah dicairkan pada tahun 2022, dan tidak digunakan untuk kegiatan desa sebagaimana seharusnya.

“APBDes tahun anggaran 2022 diduga fiktif, dan uang itu digunakan untuk kepentingan pribadi,” kata Kasi Pidsus Shelter Wairata saat dikonfirmasi media ini.

Menurutnya, penyitaan dokumen dilakukan di beberapa kantor organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemda Malaka.

“Penyitaan ini dalam rangka membuat terang siapa tersangkanya yang terlibat secara langsung, ataupun yang turut serta melakukan, dalam menyukseskan perbuatan korupsi,” terang Shelter.

“Tim penyidik masih mengumpulkan bukti lain untuk memastikan jumlah kerugian negara yang disebabkan,” imbuhnya. (bet)