Ana Kolin Siap Maju Sebagai Bakal Calon Bupati Flores Timur

Ana Kolin Siap Maju Sebagai Bakal Calon Bupati Flores Timur

KUPANG, PENATIMOR – Ana Waha Kolin, Anggota DPRD Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), menyatakan kesiapannya untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Flores Timur (Flotim) pada tahun 2024.

Dengan pengalaman politiknya dan dukungan dari partainya, Ana Waha Kolin bertekad untuk meraih kursi Bupati Flores Timur.

Ana Waha Kolin yang baru saja terpilih kembali sebagai Anggota DPRD Provinsi NTT pada Pemilu 14 Februari 2024 untuk periode kedua, mengungkapkan tekadnya dalam sebuah pernyataan kepada wartawan di ruang Fraksi PKB DPRD Provinsi NTT pada Senin, 18 Maret 2024.

“Terkait Pilkada Flores Timur, saya pikir sesekali perempuan dikasih kesempatan dan ruang untuk memimpin sebuah wilayah. Karena tangan perempuan itu tangan yang sangat terampil dan dia akan mengelola semuanya dengan hati tanpa emosional,” kata Ana Kolin, menekankan pentingnya keterwakilan perempuan dalam kepemimpinan.

Ana juga menyoroti pentingnya menciptakan ruang politik bagi perempuan untuk mengikis budaya patriarki yang masih kuat dalam sistem sosial.

“Ruang politik bagi perempuan harus diciptakan bersama, sehingga bisa mengikis secara perlahan budaya patriarki. Seharusnya perempuan diberi ruang sama dengan laki-laki,” ujarnya.

Sebagai kader partai, Ana Waha Kolin juga menegaskan kewajibannya untuk mengikuti instruksi partai. Namun, dia juga mengakui pentingnya mempertimbangkan situasi dan kondisi di lapangan sebelum mengambil keputusan politik.

Ana Kolin menekankan bahwa tidak ada demokrasi sejati tanpa keterwakilan perempuan.

“Tidak ada demokrasi tanpa keterwakilan perempuan, dan tidak ada demokrasi sejati tanpa keterwakilan perempuan. Karena bagaimana ruang itu harus diberi,” tandasnya.

Dengan tekadnya untuk memimpin Flores Timur, Ana Waha Kolin siap memasuki pertarungan dalam Pilkada November 2024 mendatang. (wil)