Merunut Perjalanan Robert P. Fanggidae: Dari Dirut Bank TLM Menuju Calon Wali Kota Kupang

  • Bagikan
Merunut Perjalanan Robert P. Fanggidae: Dari Dirut Bank TLM Menuju Calon Wali Kota Kupang

KUPANG, PENATIMOR – Nama Robert P. Fanggidae, S.E., sudah menjadi sorotan utama di Nusa Tenggara Timur (NTT), terutama di Kota Kupang dan sekitarnya.

Ia adalah orang yang tak hanya dikenal sebagai Direktur Utama (Dirut) Bank Pekreditan Rakyat Tanaoba Lais Manekat (BPR TLM) yang sukses, tetapi juga sebagai pemimpin sosial dan agama yang peduli. Cerita ini akan membawa kita mengenal perjalanan hidupnya yang luar biasa.

Awal Perjalanan

Robert P. Fanggidae, atau yang akrab dipanggil Robert, adalah alumnus Fakultas Ekonomi Manajemen Universitas Gadjah Mada tahun 1995. Ia adalah seorang suami dari Pdt. B.J. Fanggidae – Nunuhitu, M.Th, dan memiliki tiga orang anak.

Sejarah mencatat bahwa Robert P. Fanggidae adalah salah satu tokoh yang berperan besar dalam mewujudkan salah satu dari 5 Cita-Cita Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT), yaitu pendirian PT BPR TLM.

Pada tahun 2006 hingga 2007, dalam kapasitasnya sebagai Konsultan Pengembangan Yayasan Tanaoba Lais Manekat (YTLM), Robert mendapat tugas penting untuk mendirikan BPR tersebut.

Dalam perjalanan menuju kesuksesan ini, Robert harus meninggalkan jabatannya sebagai Wakil Pimpinan Cabang Bank Artha Graha Int’l Kupang demi mengemban tugas besar ini.

Hasilnya, Bank TLM tidak hanya berkembang pesat, tetapi juga meraih berbagai penghargaan prestisius, seperti gelar BPR Terbaik Nasional selama 12 tahun berturut-turut dan Platinum Awards tiga kali berturut-turut dari Info Bank pada tahun 2022.

Merunut Perjalanan Robert P. Fanggidae: Dari Dirut Bank TLM Menuju Calon Wali Kota Kupang
Dirut Bank TLM Robert P. Fanggidae menerima BPR Platinum Awards untuk ke-3 kali dari Majalah Infobank karena telah 12 kali berturut-turut Bank TLM menerima penghargaan. Diabadikan di The Stone Hotel Kuta-Bali, 21 September 2022.

Pemimpin yang Peduli

Kepemimpinan Robert P. Fanggidae di Bank TLM bukanlah akhir dari cerita suksesnya. Selain tugas utamanya di bank, ia juga memimpin DPD Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat (Perbarindo) NTT selama dua periode sejak tahun 2017, menunjukkan dedikasinya dalam dunia perbankan perkreditan rakyat.

Namun, pencapaiannya tak hanya terbatas pada dunia perbankan. Robert juga aktif dalam dunia pendidikan dan organisasi alumni.

Ia dipercaya sebagai Ketua Harian Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama) Provinsi NTT selama periode 2018-2023.

Bahkan, ia terpilih sebagai Ketua Pengurus Daerah (Pengda) Kagama Provinsi NTT untuk periode 2023-2028, sebuah kepercayaan besar dari rekan-rekannya.

Misi Sosial dan Keagamaan

Robert P. Fanggidae bukan hanya seorang pemimpin di dunia perbankan dan pendidikan, tetapi juga memiliki komitmen yang kuat terhadap misi sosial dan keagamaan.

Ia memimpin Tim Penanggulangan Bencana Covid-19 (TPBC19) GMIT Klasis Kota Kupang sejak tahun 2020 hingga 2022.

Selain itu, ia juga menjadi Anggota Majelis Sinode Gereja Masehi Injili Di Timor (MS GMIT) Bidang Ekonomi dari tahun 2015 hingga 2019.

Komitmennya dalam bidang agama terbukti melalui perannya dalam membantu komunitasnya dalam menghadapi berbagai tantangan sosial dan krisis.

Kasih dan Kontribusi

Dalam menjalankan semua perannya, Robert P. Fanggidae selalu menegaskan pentingnya berbagi kasih dan berkontribusi bagi sesama.

Pada tahun 2022, bersama timnya, ia berhasil menyalurkan 4.572 liter minyak goreng yang disubsidi oleh Bank TLM kepada 2.364 keluarga di 26 lokasi di Kota Kupang dan sekitarnya. Tindakan ini menjadi bukti konkret kepeduliannya terhadap masyarakat yang mengalami kesulitan.

Selama tahun 2021, sebagai Ketua Tim Penanggulangan Bencana Covid-19 GMIT Klasis Kota Kupang, Robert P. Fanggidae mengorganisir program vaksinasi bagi warga jemaat gereja-gereja di wilayah Kota Kupang dan sekitarnya.

Bahkan, ia memperluas pelayanan vaksinasi hingga mencakup GMIT Son Halan di Niki-Niki Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

Langkah Menuju Kota Kasih Kupang

Tidak hanya menjadi pemimpin yang berprestasi, Robert P. Fanggidae juga memiliki visi besar. Pada tahun 2023, di Bank TLM, ia berbicara tentang pentingnya pemimpin yang peka terhadap kebutuhan masyarakat bawah dan yang memiliki integritas tinggi yang bergaransi.

Pemimpin sejati, menurutnya, adalah mereka yang melayani dengan tulus, dengan mengorbankan kepentingan pribadi, keluarga atau kelompok yang bertentangan dengan visi misi, nilai organisasi atau kepentingan umum.

Prestasi besar lainnya adalah perannya dalam mengatasi krisis KSU Talenta dan melakukan pembenahan manajemen secara berkelanjutan. Ini membantu KSU Talenta keluar dari masalah yang melanda pada tahun 1999-2004, menjadikannya koperasi yang sehat dan berkembang.

Saat ini, Robert P. Fanggidae telah mengumumkan niatnya untuk maju sebagai Calon Wali Kota Kupang pada tahun 2024. Keputusannya ini diungkapkan dalam sebuah dialog di Channel Youtube Koe Podcast milik youtuber Choky Tambunan.

Meskipun ia akan maju sebagai Calon Wali Kota Kupang melalui jalur perseorangan atau partai, dukungan dari masyarakat sangatlah penting. Setelah mengundurkan diri dari kepengurusan DPD Partai Nasdem NTT pada Februari 2022, Robert P. Fanggidae membuka pintu bagi partai politik lain yang ingin mengusungnya.

Kehadiran seorang pemimpin seperti Robert P. Fanggidae adalah anugerah yang perlu didukung untuk membangun Kota Kasih Kupang. Mari bersama-sama mendukung visi luar biasanya, agar Kota Kupang bisa terus bertransformasi menjadi tempat yang lebih baik untuk semua. (Om Pena)

BERIKUT DAFTAR RIWAYAT HIDUP LENGKAP ROBERT P FANGGIDAE :

IDENTITAS

Nama                           : Robert Polyadu Fanggidae, S.E.

Kelahiran                     : Kupang, 14 Agustus 1970

Alamat Rumah            : Jl. Kemuning No. 11 TK. I, Naikolan, Kupang – NTT

Status                          : Menikah

DATA KELUARGA

Nama Istri                   : Pdt. B.J. Fanggidae – Nunuhitu, MTh.

Nama Anak                 : Ariel Wizar, Abigaile Lizthea, Aaron Jonathan

Ayah                           : Alm. Ir. Belthazar Fanggidae

Ibu                               : Elizabeth Fanggidae – Yohannis

PENDIDIKAN FORMAL

1977                            : Taman Kanak-Kanak (TK Pembina) Pertiwi

1983                            : Tamat SDN Naikoten II Kupang

1986                            : Tamat SMPN 2 Kupang

1989                            : Tamat SMAK Kolese Santo Yusup Malang – Jawa Timur

1995                            : Tamat Fakultas Ekonomi (FE) Manajemen, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta

PENDIDIKAN INFORMAL

Agustus 1998              : Kursus Broker Dealer di Financial Club (Bina Insan), Niaga Tower, Jakarta

November 1998          : Lulus Ujian Standard Profesi Pasar Modal & Pemegang Izin Perorangan Wakil Perantara Pedagang Efek, Dikeluarkan Oleh Bapepam (KEP. 115/PM/IP/PPE/99)

19-21 Agustus 2004    : Lokakarya ‘Strategi Penyaluran Kredit Usaha Mikro’, Di Cipanas, Oleh Bank Artha Graha Int’l & BI Pusat

23-24 Agustus 2004    : Kursus Agen Penjual Reksadana, di Jakarta, Oleh PT Bank Artha Graha & PT. AAA Sekuritas

14-28 September 2005: Pendidikan Pembentukan Pejabat Madya PT Bank Artha Graha, di Cibogo – Jabar

13-17 Maret 2006       : Pelatihan Manajemen Resiko Level I, FE UGM, Jogjakarta

19-23 Pebruari 2007   : Kursus Calon Direksi BPR di Hotel Grand Cempaka- Jakarta, Oleh LSP Certif

24-25 Pebruari 2007   : Ujian Sertifikasi Calon Direksi & Lulus Dengan Nilai 88.33 (Kompetensi Baik)

19-21 Desember 2008 : Ujian Sertifikasi Direksi & Lulus Dengan Nilai 86.03 Terbaik Se-Bali Nusra Angkatan XVI

26-27 Mei 2011          : Workshop Metode & Teknik Penyusunan Standard Operating Procedure (SOP) Dengan Penerapan Key Performance Indikator, di Jogyakarta

25-26 April 2013        : Seminar BPR Marketing Forum, Oleh Hermawan Kertajaya, Hotel Garuda, Jogyakarta

24-26 Juni 2013          : Seminar Peningkatan Penyaluran Kredit Perbankan Berbasis Rating UMKM, Oleh BI, di Kupang

23 Oktober 2013         : Seminar Nasional & Expo UMKM Perbarindo, Manado

03-07 Februari 2014   : Refreshing Sertifikasi Direksi BPR, Oleh LSP Certif, di Denpasar

20-24 Mei 2014          : Microfinance Development Training, Oleh Academy For Microfinance Development In Asia (Amida), di Grand Tjokro Hotel, Jogyakarta

21 Agustus 2015         : Seminar Nasional “Mendorong Komitmen BPR Menjadi Pilar Ekonomi UKM Daerah Oleh Majalah Infobank, di Merlin Hotel Jakarta

19 November 2015     : Temu Mitra Nasional Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) KUMKM Kementerian Koperasi RI, SMESCO Jakarta.

25 Januari 2016           : Pelatihan Manajemen Resiko, Lucas Muliawan, di Grand Tjokro Hotel, Jogyakarta.

25 Agustus 2016         : Seminar Nasional “Masa Depan BPR: Rezim Sukubunga Rendah & Ekspansi Kredit Usaha Rakyat”, Ambarukmo Hotel, Jogyakarta.

17-18 November 2016            : Penyusunan Rencana Bisnis Bank 2017, Lucas Muliawan, Grand Tjokro Hotel, Jogyakarta.

PEKERJAAN :

Bank Pekreditan Rakyat Tanaoba Lais Manekat

Jabatan                        : Direktur Utama (November 2007 s/d saat ini)

Bidang            : Perbankan

Alamat            : Jl. A. Yani No. 43 Oeba – Kupang

Telp                 : 0380 823092

PENGALAMAN KERJA

Oktober 1995 – Oktober 1996            : Staf Akuntansi Bank Danamon Kupang
Pebruari 1997 – Juni 1999                  : Staf Akuntansi PT Kolom Perdana & PT Galang Mitra Sejahtera, Jakarta

Oktober 1999 – April 2003                 : Kepala Biro Keuangan KSU Talenta, Kupang

Mei 2003 – Juni 2004                         : Manager KSU Talenta, Kupang

Juli 2004 – April 2006                        : Wakil Pimpinan Cabang Bank Artha Graha Int’l, Kupang

Mei 2005 – Mei 2007                         : Konsultan KSU Talenta, Kupang

Februari 2006 – Oktober 2007           : Konsultan Pengembangan Yayasan Tanaoba Lais Manekat (YTLM), Tugas Utama: Mendirikan BPR, Kupang

November 2007 s/d saat ini                : Direktur Utama PT. BPR TLM, Kupang

Agustus 2015 s/d Januari 2016           : Dosen Tidak Tetap di Fakultas Ekonomi & Bisnis Univ. Kristen Artha Wacana Kupang (MK: Bank & Lembaga Keuangan Lainnya)

2015 – 2023                                        : Ketua Koperasi Klasis Kupang Tengah (Kopmen ASG) Dengan Produk Gula Semut Dalam Kemasan

PENGALAMAN ORGANISASI

2003 – 2004                            : Sekretaris DPD Partai Persatuan Daerah (PPD) NTT

2004 – 2009                            : Wakil Bendahara DPD II Partai Golkar Kota Kupang

2005 – 2009                            : Bendahara DPD AMPI Propinsi NTT

2009 – 2015                            : Bendahara DPD I Partai Golkar Propinsi NTT (Mengundurkan Diri Pada 06 Pebruari 2013)

April 2010 – Oktober 2011     : Koordinator Dana Sidang Raya Sinode GMIT Ke-32, Di Naibonat.

Januari 2013                            : Bendahara Panlak Sidang MPL PGI, di Kupang

2009 – 2013                            : Wakil Ketua Bidang Pendidikan DPD Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia di NTT (Perbarindo NTT)

2013 – Maret 2015                  : Wakil Ketua Bidang Pendidikan DPD Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia di NTT (Perbarindo NTT)

Maret 2015 – 2017                  : Sekretaris DPD Perhimpunan BPR Indonesia (Perbarindo) di NTT

Oktober 2014 – 2022              : Wakil Ketua Yayasan Pendidikan Kristen PRISQILA di Kupang

April 2012 – Desember 2019 : Penatua GMIT Tamariska, di Maulafa – Kupang

2015 – 2023                            : Ketua Koperasi Konsumen Anugerah Sejahtera Getsemani

Oktober 2015 – Oktober 2019            : Anggota Majelis Sinode Gereja Masehi Injili Di Timor (Anggota MS GMIT) Bidang Ekonomi

Oktober 2018 – Oktober 2019            : Wakil Ketua I Panlak Sidang Sinode GMIT Ke-34 Di GMIT Paulus Kupang

Desember 2017 – Des. 2022               : Ketua Harian Keluarga Alumni Gadjah Mada NTT (Kagama NTT)

Maret 2017 – 2019                  : Wakil Ketua Bidang Organisasi DPD Perbarindo NTT

Nov 2019 – Maret 2021          : Ketua DPD Perbarindo NTT

Maret 2021 – Maret 2024       : Ketua DPD Perbarindo NTT

Mei 2020 – Oktober 2023       : Wakil Ketua I Panitia Sidang Sinode Ke-35 di Sarai Perwakilan Kupang

Februari 2020 – Februari 2023           : Ketua Badan Diakonat GMIT Klasis Kota Kupang

April 2020 – Desember 2021             : Ketua Tim Penanggulangan Bencana Covid-19 (TPCB19) GMIT Klasis Kota Kupang

Mei 2021 – Mei 2025             : Pimpinan Provinsi NTT UMKM Naik Kelas

PRESTASI :

1999 – 2004                                        : Mengeluarkan KSU Talenta dari Krisis & Melakukan Pembenahan Manajemen Secara Berkelanjutan

Pebruari 2006 – 1 Pebruari 2008        : Pelaku Sejarah, Yang Mewujudkan 1 Dari 5 Cita-Cita GMIt Yaitu Konsultan Pendirian PT BPR TLM

April 2010 – Oktober 2011                 : Bersama Semua Staf PT. BPR TLM Terlibat Aktif Membangun Aula GMIT Elim Naibonat di Kab. Kupang, Inilah Simbol Pemberdayaan Ekonomi Jemaat Di Kab. Kupang.

Oktober 2008 – Saat Ini                      : Menjadikan PT BPR TLM Sebagai Bank Pekreditan Rakyat Terbesar & Terbaik di NTT

2011, 2012, 2013, 2014, 2015, 2016, 2017, 2018, 2019, 2020, 2021: PT. BPR TLM Terpilih Sebagai BPR Terbaik Nasional Versi Majalah Infobank Dengan Predikat Sangat Bagus Selama 11 Tahun Berturut-Turut (Platinum Award).

 

  • Bagikan