Ragam  

Pasar Kreatif Jabar di Cikutra Diresmikan Jumat, Tempat Kumpul Alternatif yang Instagramable

Pasar Kreatif Jabar di Cikutra Diresmikan Jumat, Tempat Kumpul Alternatif yang Instagramable

KOTA BANDUNG – Pemdaprov Jabar segera meresmikan atau grand launching Pasar Kreatif Jabar di kawasan Cikutra, Kota Bandung.

Peresmian Pasar Kreatif Jabar rencananya dilakukan Jumat (7/7/2023) dan menjadi satu rangkaian dengan event Karya Kreatif Jabar – Pekan Kreatif Jawa Barat yang dibuka pada hari yang sama tapi tempatnya di Gedung Sate Bandung.

Grand launching Pasar Kreatif Jabar pada Jumat nanti merupakan tahap pertama. Masih ada  beberapa tahap lagi karena banyak tersedia lahan luas yang bisa dimaksimalkan untuk memajang karya kreatif Jabar sesuai misi Gubernur Ridwan Kamil.

“Ini baru tahap awal, baru 32 tenan yang ada saat ini. Sudah ada yang menempati, semuanya dari UMKM. Tanggal 7 Juli grand launching,” ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jabar Noneng Komara Nengsih, di Gedung Sate, Rabu (5/7/2023).

Lahan untuk Pasar Kreatif Jabar di Cikutra tersebut merupakan aset Dinas Perindustrian dan Perdagangan, tapi dalam pengelolaannya nanti akan dipegang PT Jaswita, salah satu BUMD milik Pemdaprov Jabar.

“Itu aset kami di Indag, tetapi ada penugasan pengolahannya ke Jaswita supaya lebih profesional. Harapannya kita memperoleh profit,” kata Noneng.

Menurut Noneng, pembangunan Pasar Kreatif Jabar akan terus berlanjut karena diproyeksikan sebagai sentra ekonomi kreatif. Harapannya sektor UMKM dan industri kreatif dapat mengakselerasi pertumbuhan ekonomi dan menyerap tenaga kerja secara lebih masif.

“Jawa Barat memiliki kontribusi 20,73 persen terhadap PDB ekonomi kreatif nasional, banyak menyerap tenaga kerja, tapi belum memiliki pusat ekonomi kreatif yang representatif,” ungkapnya.

Noneng menambahkan, Pasar Kreatif Jabar merupakan komitmen Gubernur Ridwan Kamil dan Pemdaprov Jabar untuk mempertemukan supply dan demand ekonomi kreatif.

 

Dalam pelaksanaannya, Disperindag akan terus mengontrol dan evaluasi optimasi Pasar Kreatif Jabar ini. “Tentu saja kami terus melakukan evaluasi terhadap perkembangannya, agar dalam perjalanannya sesuai dengan cita-cita awal. Tempat bertemunya supply and demand produk kreatif,” tutup Noneng.

Gratis dari Pagi Sampai Malam

Pasar Kreatif Jabar akan diresmikan Jumat (7/7/2023) sejak pukul 07.00 pagi sampai pukul 21.00 malam. Rencananya Gubernur Ridwan Kamil akan hadir bersama Plh. Wali Kota Bandung Ema Sumarna.

Menurut Ketua Pelaksana Grand Launching Pasar Kreatif Jabar Juwanda, dalam launching akan ada kolaborasi berbagai komunitas kreatif, tenan, dan bintang tamu.

Dimulai dengan Pound Fit di pagi hari dipandu komunitas EVOFITCamp, dilanjutkan penampilan Angklung Disparbud Jabar, Utama Choir, Bandung Beatbox, Stand Up Indo Bandung, Tataloe Percussion hingga ditutup penampilam bintang tamu The Panturas dan Club Dangdut Racun di malam hari.

Kemudian ada juga berbagai games yang akan tersedia hingga Ahad (9/7/2023), di antaranya King Hammer, Dart Soccer, Boxing Arcade, sampai Car Simulator. Selain berbagai penampilan dan games, tersedia juga community booth untuk memfasilitasi berbagai komunitas kreatif.

Nantinya, di Pasar Kreatif Jabar para pelaku ekonomi kreatif selain dapat memasarkan produk atau usahanya juga dapat mengadakan berbagai event. Didukung fasad bangunan yang unik dan instagramable, Pasar Kreatif Jabar sangat cocok untuk dijadikan tujuan berkumpul bersama teman, kolega bisnis, atau keluarga.

“Saya mengajak semua warga Jabar khususnya Kota Bandung, atau yang sedang berkunjung ke Bandung, untuk hadir dan memeriahkan Grand Launching Pasar Kreatif Jawa Barat,” ungkap Juwanda.

Untuk masuk Pasar Kreatif Jabar, tidak dipungut biaya alias gratis. Bahkan pada saat grand launching akan ada diskon sampai 50 persen di tenan – tenan, khusus untuk pembelian barang menggunakan aplikasi Digicash Bank bjb. Pasar Kreatif Jabar ada di kawasan Cikutra dekat Taman Makam Pahlawan, tepatnya di Jalan Pahlawan Nomor 70 Kota Bandung.