Sidang PHI, Mantan Dirut Bank NTT dan Wartawan Senior jadi Saksi

Sidang PHI, Mantan Dirut Bank NTT dan Wartawan Senior jadi Saksi

KUPANG, PENATIMOR – Pengadilan Negeri (PN) Kelas 1A Kupang melanjutkan sidang perkara perselisihan hubungan industrial (PHI) dengan penggugat mantan Pimpinan Cabang Bank NTT Kefamenanu Eddy Nganggus, terhadap tergugat manajemen Bank NTT.

Sidang perkara gugatan PHI ini sudah memasuki agenda pemeriksaan saksi yang dihadirkan Pengugat.

Pengugat menghadirkan dua saksi, yakni Mantan Dirut Bank NTT Ishak Edward Rihi dan wartawan senior, Wens Rumung.

Sidang dipimpin Ketua Majelis Hakim Aris Sembiring, didampingi dua Hakim Anggota, Daud Salama dan Paulus Naro.

Sementara Pengugat Eddy Nganggus dan Tergugat Bank NTT didampingi kuasa hukumnya masing-masing.

Kuasa Hukum Bank NTT, Apolos Djara Bonga kepada media, Selasa (27/6/2023), mengatakan, dua saksi yang dihadirkan Pengugat, dalam keterangannya di persidangan, lebih banyak tidak menyentuh substansi gugatan.

“Keterangan saksi yang dihadirkan di sidang, sama sekali tidak menyentuh substansi gugatan. Nanti kita akan tangapi dalam kesimpulan,” jelas Apolos.

Terkait dengan adanya temuan BPK, lanjut Apolos, ada temuan BPK juga yang kembali ke penegak hukum, apakah memenuhi unsur melawan hukum atau tidak.

“Perlu diketahui bahwa tidak semua temuan BPK itu berimplikasi masalah hukum. Karena itu ada petunjuk-petunjuk saja, dan untuk menyatakan ini berimplikasi masalah hukum, itu tugas dari pihak Kepolisian atau Kejaksaan. Sehingga jangan kita salah menafsirkan yang berakibat fatal bagi pandangan masyarakat, maupun terhadap konsukeunsi terhadap apa yang kita sampaikan,” jelas Apolos yang juga Sekjen KAI itu.

“Hari ini sidang agenda saksi yang dihadirkan Pengugat itu sudah cukup. Nanti sidang berikutnya agenda saksi dari kami Tergugat, dan ada dua orang saksi yang akan dihadirkan. Selain sidang agenda saksi dari Pengugat, kami pihak Tergugat juga melakukan penambahan pembuktian surat,” lanjut dia.

Sidang perkara gugatan PHI ini akan kembali digelar pada tanggal 11 Juli 2023. (wil)