Polisi Gagalkan Keberangkatan 19 Calon Tenaga Kerja Non Prosedural di Kupang

Polisi Gagalkan Keberangkatan 19 Calon Tenaga Kerja Non Prosedural di Kupang

KUPANG, PENATIMOR – Tim Buru Sergap (Buser) Polsek Alak, Polresta Kupang Kota, mengamankan 19 orang calon tenaga kerja non prosedural yang hendak diberangkatkan ke Kalimantan, Sabtu (10/6/2023) malam.

Diketahui 19 orang tersebut terdiri atas 18 orang laki-laki, dan seorang perempuan, yang mana semuanya berasal dari Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS)  dan Kabupaten Malaka.

Selain itu, polisi juga mengamankan tiga orang yang diduga sebagai perekrut, masing-masing dua orang perekrut pekerja, dan seorang lagi merupakan perwakilan perusahaan yang akan mempekerjakan calon tenaga kerja yang direkrut.

Belasan calon tenaga kerja non prosedural ini diamankan di tiga tempat. Dua tempat berada di wilayah Kelurahan Alak, dan satu tempat lagi di Kelurahan Tuak Daun Merah (TDM).

Polisi juga berhasil mengamankan sejumlah barang bukti berupa 33 tiket keberangkatan menggunakan KM Bukit Siguntang.

Para calon tenaga kerja non prosedural ini telah diamankan di Mapolresta Kupang Kota untuk didata.

Sedangkan tiga orang lainnya sementara diperiksa penyidik Satreskrim Polres Kupang Kota.

Yonathan, salah satu calon tenaga kerja non prosedural yang diamankan polisi, saat diwawancara awak media ini, mengatakan, mereka datang dari Kabupaten TTS dan dijemput menggunakan mobil rental. Saat tiba di Kupang, mereka menginap sementara di rumah seseorang bernama Musa.

“Nanti baru diberangkatkan ke Kalimantan untuk bekerja di perkebunan kelapa sawit. Kami juga tidak kenal siapa bos dari tempat kami akan bekerja nanti,” ungkap Yonathan. (wil)