Kompolnas Awards 2023, Polda NTT Raih Piala dan Tiga Piagam, Polsek Miomaffo Timur Juara I

Kompolnas Awards 2023, Polda NTT Raih Piala dan Tiga Piagam, Polsek Miomaffo Timur Juara I

KUPANG, PENATIMOR – Polda NTT meraih prestasi yang cukup membanggakan. Di bawah pimpinan Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum., Polda NTT meraih juara dalam kompolnas Awards tahun 2023, kategori Terbaik Polsek tipe B Polsek Miamaffo Timur, Polres TTU.

Piagam penghargaan, diserahkan langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, kepada Irjen Johni Asadoma, di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (21/6/2023).

“Atasnama Polri dan Polda NTT kami ucapkan terima kasih dan penghargaan serta apresiasi atas dukungan seluruh stakeholder, pemerintah daerah dan masyarakat Provinsi NTT. Polda NTT meraih juara dalam Kompolnas Awards kategori Polsek terbaik tipe B yakni Polsek Miamaffo Timur Polres TTU,” ujar Kapolda NTT melalui Kabidhumas Kombes Pol. Ariasandy, S.I.K.

Kompolnas Award ini dilaksanakan setiap tahun dan yang dinilai adalah seluruh Polda di Indonesia baik itu kinerja, program unggulan yang digagas dan dilaksanakan oleh Polda termasuk juga bagaimana Polda dan jajaran memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Kompolnas Award tahun 2023, Polda NTT masuk dalam lima besar kategori nominasi terbaik Polda Tipe B, sementara Polsek Miomaffo Timur Polres TTU meraih juara I nominasi terbaik Polsek Tipe B dan sebagai peserta nominasi terbaik Polsek Tipe B,” jelas Kabidhumas.

Seperti kita ketahui pada tanggal 8 Juni beberapa waktu lalu tim Kompolnas yang dipimpin Komisioner Kompolnas H. Muhammad Dawam, S.H.I, M.H. mengunjungi Polda NTT dalam rangka penilaian/peninjauan oleh tim juri terhadap nominasi Kompolnas Awards tahun anggaran 2023 di Polda NTT.

Kompolnas Award kali ini diikuti oleh 11 Polda tipe A, 253 Polres tipe A dan 2.887 Polsek tipe A. Sementara Tipe B ada 22 Polda, 255 Polres dan 2.068 Polsek.

Polsek Miomaffo Timur Juara I

Polsek Miomaffo Polres TTU berhasil meraih juara I dalam ajang Kompolnas Award tahun 2023 dalam kategori nominasi terbaik Polsek Tipe B dan peserta terbaik Polsek Tipe B.

Penyerahan piala dan piagam penghargaan diterima langsung oleh Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum., pada Rabu 21 Juni 2023 di Hotel Sultan, Jakarta dari Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Polsek Miomaffu Polres TTU merupakan satuan kerja wilayah (Satkerwil) dibawah Polda NTT masuk dalam nominasi ini berada di perbatasan Indonesia-Timor Leste Distrik Oekusi.

Untuk indikator penilaian tingkat polsek adalah integritas personel, kinerja operasional satwil, aktivitas harkamtibmas, aktivitas perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat, kinerja bhabinkamtibmas, serta terobosan kreatif Polsek.

“Polsek Miomaffo meraih juara I kategori nominasi terbaik Polsek tipe B, ini merupakan prestasi yang membanggakan jajaran Polda NTT. Berbatasan langsung dengan Distrik Oekusi Polsek Miomaffu Timur memiliki terobosan kreatif diantaranya membuat pondok Restorative Justice, memberikan bantuan sosial kepada masyarakat, pembinaan pelatihan kepada para pemuda membantu menuntaskan gizi buruk, jumat curhat, serta membuat hotline layanan pengaduan masyarakat 1×24 jam,” ujar Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol. Ariasandy, S.I.K, Kamis (22/6/2023).

Dalam pelayanan kepolisian, Polsek Miomaffu Timur membawahi tiga Polsubsektor perbatasan dan satu pos Polisi  diantaranya Polsubsektor Napan, Polsubsektor Haumeniniana dan Polsubsektor Manamas serta Pos Polisi Maurisu.

Dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat Polsek Miomaffo Timur didukung dengan kekuatan personel sebanyak 38 orang personel sehingga perbandingan jumlah penduduk dengan anggota Polri yaitu satu berbanding 995 penduduk dari jumlah penduduk 37.846 jiwa.

Tren gangguan kamtimbas selama tahun 2022 ada 48 kasus yakni KDRT, Penmganiayaan, pencurian dan Miras yang selesai hingga P21 berjumlah dua kasus dan lebih dikedepankan restorative justice pada 46 kasus lainnya.

Sementara, pada tahun 2023 semester pertamaada 13 kasus yang P21 lima kasus dan delapan kasus lainnya dilakukan restorative justice.

Kegiatan patroli dan sambang pada Polsek Miomaffo Timur pun selalu digiatkan guna menekan angka tingkat kriminalitas. (bet)