Tingkatkan Literasi dan Numerasi, Save the Children Serahkan Buku Bagi 20 SD di Malaka

  • Bagikan
Tingkatkan Literasi dan Numerasi, Save the Children Serahkan Buku Bagi 20 SD di Malaka

BETUN,  PENATIMOR – Sebanyak 20 Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Malaka mendapatkan paket bantuan buku dari Save the Children. Penyerahan buku dilakukan oleh Pimpinan Save the Children, Silverius Tasman Muda kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Malaka,Yanuarius Boko,  S.Ag., M.Sc., pada Rabu (1/2/2023) di Betun.

Penyerahan paket bantuan buku kepada 20 SD tersebut disaksikan oleh 20 Kepala Sekolah Dasar dan para Kepala Bidang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bertempat di ruang kerja Kepala Dinas. Bantuan buku ini betujuan untuk meningkatkan kemampuan anak-anak di bidang literasi dan numerasi.

Pimpinan Save the Children, Silverius Tasman Muda, di hadapan Kepala Dinas dan 20 Kepala Sekolah Dasar, mengemukakan, tujuan Save the Children adalah untuk menjangkau semua anak agar bisa membaca dan meningkat pengetahuannya. Dengan rajin membaca buku maka pengetahuan akan bertambah. Hal itu dikatakannya mengingat indeks literasi anak-anak masih sangat rendah sehingga salah satu cara terbaiknya adalah dengan membaca buku.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Malaka, Yanuarius Boko, S.Ag., M.Sc., menyampaikan terima kasih atas bantuan dan dukungan Save the Children. Buku-buku itu diterima pihaknya dan akan didistribusikan kepada sekolah penerima manfaat. Pihaknya juga akan mewajibkan para kepala sekolah dan guru untuk menyediakan waktu bagi anak-anak untuk membaca setiap hari. Selain membaca, anak-anak juga harus bisa menceritakan kembali apa yang dibacanya.

“Saya wajibkan kepada semua sekolah dan guru agar setiap hari harus punya waktu, apakah di awal jam pelajaran, di tengah atau di akhir pelajaran itu ada waktunya bagi anak untuk membaca. Saya akan monitoring terus ke setiap sekolah, “ ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malaka ini.

Penyerahan buku tersebut juga ditandai dengan penandatanganan berita acara serah terima bantuan buku oleh Silverius Tasman Muda mewakili Save the Children dan Yanuarius Boko, S.Ag., M.Sc., mewakili Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Malaka. (sil)

  • Bagikan