Turnamen Taekwondo Kajati NTT Libatkan 37 Wasit, Ada 4 Wasit Nasional

  • Bagikan
Turnamen Taekwondo Kajati NTT Libatkan 37 Wasit, Ada 4 Wasit Nasional

KUPANG, PENATIMOR – Open Tournament Taekwondo Kajati NTT 2022 benar-benar menjadi even bergengsi.

Bagaimana tidak, selain melibatkan peserta dari Timor Leste dan didukung teknologi penilaian berstandar internasional, turnamen ini juga mendatangkan empat wasit berlisensi nasional.

Total wasit dan operator pada turnamen ini sebanyak 37 orang yang berasal dari NTT, Makassar, Bali, dan juga Timor Leste.

Turnamen ini pun merupakan event terakbar di NTT karena mendapat dukungan penuh dari pemerintah daerah dan berbagai elemen masyarakat.

“Apresiasi yang tinggi kepada Kajati NTT dan jajarannya karena telah bekerja keras untuk mempersiapkan turnamen ini,” kata Ketua Terpilih Pengprov Taekwondo Indonesia (TI) NTT, Fransisco Bessi kepada awak media di sela-sela turnamen tersebut.

Menurut Fransisco, kejuaraan ini dibagi menjadi dua kategori yaitu kategori festival dan kategori prestasi.

Yang membedakan kedua kategori ini adalah sistem penilaian pada kategori festival untuk prakadet, kadet, yunior dan senior mamakai digital scoring sistem.

Sedangkan untuk kelas prestasi memakai sistem Protecor Scoring System (PSS) yang merupakan alat sensor yang sudah dipasang di badan peserta.

Fransisco juga mengaku sangat bangga karena di tahun 2022, sudah tiga kali digelar kejuaraan Taekwondo, dan penutupannya pun sangat luar biasa.

Untuk itu dia berharap Open Tournament Kajati NTT menjadi salah satu even tahunan, sehingga kedepannya dapat ditingkatkan dari great C ke B atau A.

“Sehingga turnamen ini bisa dapat label kejuaraan nasional, dan dari kegiatan ini juga bisa meningkatkan geliat ekonomi dan pariwisata, karena pasti banyak orang yang datang ke NTT,” jelas Fransisco Bessi. (wil)

  • Bagikan