BP4D Malaka Bentuk Sekretariat Bersama

  • Bagikan
BP4D Malaka Bentuk Sekretariat Bersama

BETUN, PENATIMOR – Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D) Kabupaten Malaka pada Senin (5/12/2022) membentuk Sekretariat Bersama.

Sekretariat Bersama ini merupakan wadah komunikasi antara pemerintah daerah melalui BP4D dengan lintas Organisasi Perangkat Daerah dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) serta lembaga mitra pembangunan daerah lainnya.

Pembentukan Sekretariat Bersama ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malaka di aula Kantor Camat Malaka Tengah dihadiri oleh semua LSM, Organisasi Perangkat Daerah, TP PKK dan Dharma Wanita.

Turut mendampingi Sekda pada acara pembentukan Sekretariat Bersama ini, Kepala BP4D Kabupaten Malaka Raymon Yani Baria, SE., M.Ec.Dev., Kepala Bidang Ekososbud BP4D, Bernadeta Sarce Kuna, S.KM.

BP4D Malaka Bentuk Sekretariat Bersama

Suasana pembukaan pembentukan Sekretariat Bersama.

Dari LSM yang hadir saat itu terdiri dari Silvester Nusa dari USAID Momentum, Vinsensius Kia Beda dari Yayasan Pijar Timur Indonesia, Heny Pesik dari CD Bethesda Yakkum, Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia dan Yayasan Karunia Pengembangan Anak (YKPA) dan lembaga mitra lainnya.

Pada pertemuan ini pihak BP4D, perwakilan Organisasi Perangkat Daerah dan mitra LSM menyepakati sekaligus menandatangani lima point dalam bentuk berita acara kesepakatan.

Di hadapan para pimpinan LSM dan Organisasi Perangkat Daerah, Sekda Kabupaten Malaka Ferdinand Un Muti, S.Hut, M.Si., mengatakan, pembangunan daerah membutuhkan peran aktif semua komponen masyarakat baik dunia usaha maupun LSM.

Keberadaan LSM itu adalah mitra strategis pembangunan yang dengan caranya sendiri ikut serta mempercepat pembangunan di daerah seperti di bidang pendidikan, kesehatan, pertanian, usaha kecil menengah dan sebagainya.

Oleh karena ada banyak stakeholder yang membantu pemerintah daerah maka dipandang perlu untuk membentuk Sekber atau Sekretariat Bersama yang akan berperan sebagai forum komunikasi pemerintah dengan LSM atau sebaliknya.

BP4D Malaka Bentuk Sekretariat Bersama

“Kita bersyukur hari ini bisa membentuk Sekber yang sudah lama kita rindukan. Terima kasih atas dukungan BP4D dan semua LSM. Ke depan kita harus berdayakan Sekber ini sebagai secretariat bersama,” ujar Sekda Ferdinand.

Sekda Malaka menambahkan, pembangunan nasional Indonesia dan pembangunan daerah adalah paradigma pembangunan yang terbangun atas pengamalan Pancasila yaitu pembangunan manusia Indonesia seutuhnya dan pembangunan masyarakat Indonesia seluruhnya, dengan Pancasila sebagai dasar, tujuan, dan pedomannya.

Pembangunan Nasional merupakan cerminan kehendak pemerintah untuk terus-menerus meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Indonesia secara adil dan merata, serta mengembangkan kehidupan masyarakat dan penyelenggaraan negara yang maju dan demokratis berdasarkan Pancasila.

Dikatakan Sekda Malaka, pembangunan nasional bertujuan untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur yang merata material dan spiritual berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, dan berkedaulatan rakyat dalam suasana perikehidupan bangsa yang aman, tenteram, tertib, dan dinamis dalam lingkungan pergaulan dunia yang merdeka, bersahabat, tertib, dan damai.

Sekda Malaka mengingatkan, Malaka sebagai kabupaten baru, juga turut berperan dalam Pembangunan Nasional dimana melalui Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati yang tertuang dalam RPJMD dengan tema “Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat dan Kemandirian Ekonomi” dengan prioritas pembangunan pada peningkatan aspek kualitas pendidikan, kesehatan dan perekonomian yang baik serta peningkatan infrastruktur dan konektivitas wilayah yang memadai untuk menghubungkan berbagai wilayah di Kabupaten Malaka.

Program dan kegiatan dilakukan oleh dinas teknis agar sasaran dan target dapat tercapai.

Selain dinas teknis sebagai pelaksana program dan kegiatan, terlibat juga didalamnya lembaga-lembaga swadaya masyarakat sesuai dengan area programnya.

“Saya mengapresiasikan setinggi-tingginya atas keterlibatan LSM yang ada diKabupaten Malaka. Agar sinergisitas LSM bersama pemerintah daerah dapat terjalin dengan baik, maka diperlukan wadah untuk dapat memfasilitasinya. Hari ini, kita berkumpul di sini, guna untuk kita membentuk Sekretariat Bersama yang dikoordinir oleh BP4D sekaligus evaluasi capaian program kegiatan dari setiap lembaga yang ada selama tahun 2022 serta rencana kerja di tahun 2023, “ ujarnya. (sil)

  • Bagikan