Bank NTT Gelar Bimtek CMS Untuk Seluruh Bendahara Umum Pemda Se-NTT

  • Bagikan
Bank NTT Gelar Bimtek CMS Untuk Seluruh Bendahara Umum Pemda Se-NTT

KUPANG, PENATIMOR – PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Nusa Tenggara Timur atau Bank NTT menggelar bimbingan teknis (Bimtek) implementasi Cash Management System (CMS) SP2D di Hotel Kristal Kupang, Kamis (8/12/2022).

Pesertanya adalah seluruh Bendahara Umum Daerah (BUD) Pemerintah Daerah (Pemda) se-NTT.

Peserta dibimbing tentang bagaimana melakukan proses transaksi realtime secara mandiri.

Lantaran metode yang diterapkan saat ini terkoneksi langsung antara aplikasi CMS Bank NTT dengan Sistem Informasi Keuangan Pemda.

Sehingga dapat memudahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) secara realtime tanpa harus diminta ke bank.

Fery Maftukhi selaku Kepala Subdivisi Pengembangan System pada Divisi Riset dan Development Bank NTT, mengatakan, dengan penerapan CMS SP2D Online maka penyerapan anggaran dapat terealisasi secara maksimal.

Selain itu juga meningkatkan poin index Digitalisasi Pemda dalam penerapan TP2DD – Bank Indonesia.

Untuk itu, seluruh Pemda di NTT sudah teredukasi dengan baik selama ini, karena telah menggunakan CMS Bank NTT sebelum online.

Karena petugas user di sebagian besar Pemda di NTT didominasi oleh kalangan milenial yang telah mengerti akan penggunaan teknologi.

Sehingga Pemda membuat kebijakan yang bersinergi dengan penerapan Digital Nontunai.

Menurut Fery, terdapat perbedaan penerapan sistem sebelumnya, yaitu birokrasi yang dalam proses pencairan sangat panjang.

Sedangkan sistem sekarang, tidak perlu antre ke bank di jam operasional, karena sudah bisa digunakan waktu 24 jam dalam 7 hari.

Perlu diketahui, dalam penerapan CMS Generasi 1, sudah diterapkan di seluruh Pemda se-NTT sejak beberapa tahun yang lalu.

Sedangkan yang versi terbaru ini sudah dilaunching per tanggal 17 Agustus 2022, dan Pemda Kabupaten Belu yang pertama menggunakan FMIS versi 5 BPKP dan berjalan dengan baik.

“Sehingga menjadi kebanggaan tersendiri buat Bank NTT. Pemda Kabupaten Belu dan umumnya,  juga buat NTT,” imbuh Fery Maftukhi.

Dalam kegiatan tersebut, hadir memberikan arahan Kepala Devisi Dana Bank NTT, Aloisius Geong serta Perwakilan BPKP NTT Faris Nandar. (wil)

  • Bagikan