Bank BTPN Syariah Bantu Nasabah jadi Pelaku Usaha Kecil yang Produktif

  • Bagikan
Bank BTPN Syariah Bantu Nasabah jadi Pelaku Usaha Kecil yang Produktif

KUPANG, PENATIMOR – Peran Bank BTPN Syariah bukan sekadar menyalurkan modal usaha kepada nasabah inspirasinya, tetapi juga mendukung nasabah prasejahtera lewat pemberdayaan usaha produktif.

Salah satu sasaran dari kunjungan Media Kitchen Tour pada Senin (19/13/2022), yaitu Kelompok Usaha Tunas Harapan di Desa Nasipanaf, Desa Penfui Timur, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang.

Salah satu nasabah inspirasi Bank BTPN Syariah, Veronica Leo, mengaku dirinya sudah menjadi nasabah selama 10 tahun dari awal berdirinya kelompok usaha di Desa Nasipanaf.

Veronica merupakan penjual sayur-sayuran yang sebelumnya sangat kesulitan menjalankan usaha kecilnya itu.

Namun setelah menjadi nasabah Bank BTPN Syariah, ia mendapatkan tambahan modal usaha dan banyak kemudahan lainnya.

Bank BTPN Syariah Bantu Nasabah jadi Pelaku Usaha Kecil yang Produktif

Tidak hanya itu, ia juga diberikan pelatihan dan pendampingan oleh pegawai Bank BTPN Syariah sehingga usahanya terus berjalan lancar sampai sekarang.

“Kebutuhan rumah tangga juga selalu terpenuhi, termasuk kebutuhan sekolah anak-anak. Untuk itu saya berterima kasih kepada Bank BTPN Syariah yang telah memberikan modal dan pendampingan bagi kelompok usaha kecil ini,” ungkapnya.

Sementara Kepala Pembiayaan Bank BTPN Syariah Area Bali-Kupang, Doni Aditya, mengatakan, program pembiayaan diberikan kepada individu yang sudah menjadi anggota kelompok.

Kelompok usaha yang dibuat agar memudahkan koordinasi agar melancarkan pembinaan kepada nasabah.

“Ada berbagai usaha, nasabah dibimbing agar bisa memilah uang dari usaha dan modal, agar dipisahkan,” kata Doni.

“Nasabah juga diajarkan agar selalu menyimpan tabungan di rumah, dan menerima tabungan yang dari Rp1000 untuk disimpan,” lanjut dia.

Setiap petugas lapangan juga selalu mendampingi dan menanyakan setiap nasabah dalam menjalankan usahanya.

Bank BTPN Syariah Bantu Nasabah jadi Pelaku Usaha Kecil yang Produktif

Sementara Communication Head BTPN Syariah, Ainul Yaqin menjelaskan, BTPN Syariah hadir untuk memberikan banyak manfaat kepada nasabah.

Dalam akses keuangan atau modal usaha, sistem keanggotaan secara berkelompok memungkinkan satu sama lain terus memotivasi.

Selain itu ada program pelatihan dan pemberdayaan hingga menjadi role model.

Ainul melanjutkan, program pemberdayaan bertujuan untuk membangun dan membesarkan usaha nasabah, serta memberikan pembelajaran untuk memperkuat keluarga.

Sementara petugas lapangan sebagai community officer (CO) akan mensosialisasikan ke calon nasabah tentang produk bagi usaha mereka, dan akan memberikan pelatihan selama 5 hari.

“Para calon nasabah akan disurvei untuk melihat referensi kebutuhan. Setelah melakukan pelatihan, mereka akan melakukan pencairan berkelompok sesuai dengan pengajuan nasabah,” jelas dia.

Salain itu, ada pula pertemuan rutin sentra (PRS), yang mana para anggota kelompok berkumpul untuk mengangsur pinjaman setiap dua minggu sekali, dan petugas langsung ke tempat kelompok usaha. (wil)

  • Bagikan