Chris Mboeik Sambut Tim SOIna NTT, Rebut 13 Medali di PeSONas 2022

  • Bagikan
Chris Mboeik Sambut Tim SOIna NTT, Rebut 13 Medali di PeSONas 2022

KUPANG, PENATIMOR – Ketua Umum Special Olympics Indonesia (SOIna) Provinsi NTT, Chris Mboeik, menerima rombongan SOIna NTT usai berlaga di Pekan Spesial Olympics Nasional (PeSONas) I 2022.

PeSONas 2022 yang diikuti oleh perwakilan 27 provinsi, merupakan kejuaraan nasional setara Pekan Olahraga Nasional (PON) bagi atlet profesional.

Sedangkan PeSONas sendiri merupakan kejuaraan nasional yang dilaksanakan bagi anak-anak penyandang disabilitas.

PeSONas 2022 berlangsung di Semarang Jawa Tengah, 3-8 Juli 2022.

Rombongan yang dipimpin oleh Hamdan Saleh Batjo sebagai Ketua Delegasi bersama Sekretaris Umum SOIna NTT, Valens Bahalu, diterima Chris Mboeik di rumah jabatan Waket DPRD NTT yang beralamat di Jalan R.A. Kartini, Kelapa Lima, Kota Kupang, Jumat (8/7/2022) sekira pukul 10.30 Wita.

Chris Mboeik pada kesempatan itu, mengungkapkan rasa bangga dan haru karena walaupun dengan persiapan dan dana yang sangat terbatas, namun tim SOIna NTT berhasil mendulang prestasi yang membanggakan.

Chris Mboeik Sambut Tim SOIna NTT, Rebut 13 Medali di PeSONas 2022

“Kalian semua adalah bintang. Untuk itu, baik yang mendapat medali ataupun tidak, jangan sombong atau jumawa,” pesan Chris yang juga Wakil Ketua DPRD Provinsi NTT.

Chris mengapresiasi tim SOIna karena walaupun dengan keterbatasan sebagai manusia, namun telah mengharumkan nama NTT di kanca nasional.

“Ini sesuatu yang tidak mudah. Walau dengan segala keterbatasan, dengan biaya yang sangat kecil, namun semua kita mau bersusah payah. Untuk itu sekali lagi terima kasih, dan kita harus terus bergandengan tangan untuk kedepan,” harap Chris yang juga Ketua Umum Asprov PSSI NTT.

Sementara, Sekretaris Umum SOIna NTT, Valens Bahalu, menambahkan, walaupun dengan segala keterbatasan, namun tim SOIna NTT punya motivasi yang tinggi untuk meraih medali sebanyak-banyaknya.

“Persiapan tim SOIna NTT cukup lama, sejak enam bulan lalu. Kami bersama dengan enam pelatih, bahkan ada yang sampai nginap di asrama sekolah,” ungkap Valens.

Chris Mboeik Sambut Tim SOIna NTT, Rebut 13 Medali di PeSONas 2022

Dengan persiapan yang matang, tim SOIna NTT mampu menunjukkan performa terbaik di ajang PeSONas 2022.

“Kita mampu menunjukkan bahwa kita tidak kalah dengan provinsi lain. Kita berhasil meraih medali emas pertama di cabang olahraga atletik untuk nomor lari putri 400 meter yang diraih atlet Agustina Tefamnasi asal SLBN Manekat Niki-Niki Kabupaten TTS. Inilah yang memotivasi atlet kita yang lain untuk meraih medali,” ungkap Valens.

“Terima kasih kepada bapak Ketua Umum SOIna NTT yang ikut terjun langsung ke lapangan memotivasi atlet-atlet kita, bahkan juga diberikan kesempatan untuk mengalungkan medali kepada para juara,” imbuhnya.

Ketua Delegasi Tim SOIna NTT, Hamdan Saleh Batjo, mengawali laporannya dengan mengajak tim SOIna NTT memekikan yel-yel bersahutan, “SOIna, Hebat! NTT, Luar Biasa! Indonesia, Jaya!”.

Hamdan melanjutkan, selama 6 hari tim SOIna NTT mengikuti kompetisi PeSONas 2022 untuk atlet-atlet penyandang disabilitas, khususnya tunagrahita dan downsyndrom (DS).

“Kami berterima kasih karena bapak Ketua Umum sangat mendukung kami, dan itu membangkitkan semangat juang atlet-atlet kita untuk menunjukkan performa terbaik dan berhasil menyabet medali,” kata Hamdan.

Chris Mboeik Sambut Tim SOIna NTT, Rebut 13 Medali di PeSONas 2022

Dari 12 cabang olahraga, lanjut Hamdan, tim SOIna NTT mengikuti 4 cabang olahraga, dan berhasil meraih 4 medali emas, 6 perak dan 3 perunggu.

“Semula kami tidak memiliki target. Bagi kami, anak-anak bisa mengikuti ajang PeSONas membawa nama NTT saja sudah sebuah kebanggaan, dan bisa bertemu dengan peserta dari seluruh Indonesia adalah sebuah kenikmatan dan kebahagian,” ungkap Hamdan yang juga mantan Anggota DPRD NTT.

Namun, menurut Hamdan, karena seluruh doa masyarakat NTT, dan juga doa para orangtua yang berkenan hadir dengan biaya sendiri, terlebih dukungan penuh dari Ketua Umum, sehingga SOIna NTT dapat memberangkat tim beranggotakan 24 orang, dengan 16 atlet.

Terpantau, pada kesempatan itu, Ketua Umum SOIna NTT, Chris Mboeik secara pribadi juga memberikan uang pembinaan dan cinderamata kepada seluruh atlet, pelatih dan official.

Tim SOIna NTT juga dijamu makan bersama oleh Chris Mboeik.

Chris Mboeik Sambut Tim SOIna NTT, Rebut 13 Medali di PeSONas 2022

Untuk diketahui, SOIna NTT melibatkan 15 atlet pada kompetesi PeSONas 2022.

Dan dari 12 cabang olahraga (Cabor) yang dilombakan, NTT mengikuti 4 cabor, meliputi cabor Bocce yang merupakan cabor yang diikuti oleh atlet anak downsyndrom (DS).

Untuk Bocce, dari nomor tunggal dan ganda, NTT melibatkan atlet untuk tunggal putra dan tunggal putri.

Cabor lainnya yang diikuti tim SOIna NTT adalah atletik, dimana untuk nomor lari 400 meter diikuti 2 atlet anak tunagrahita untuk putra dan putri.

Untuk nomor lari 100 meter, NTT mengikutsertakan 1 atlet putri.

Sementara pada nomor lari 50 meter untuk atlet anak domsyndrom hanya diikuti oleh 1 atlet putra.

Dan pada nomor lari 25 meter diikuti atlet downsyndrom putra dan putri.

Selanjutnya, pada cabor lompat jauh tanpa awalan untuk atlet downsyndrom diikuti 1 atlet putri.

Untuk nomor lompat jauh putri dan putra tunagrahita, atlet NTT berhasil meraih medali emas.

Pada cabor Tenis Meja, atlet putra NTT meraih medali perak, sedangkan atlet putri berhasil meraih medali emas.

Sedangkan, untuk lomba senam putra putri untuk atlet tunagrahita, tim putra NTT meraih medali perak, dan tim putri meraih medali perunggu.

Dengan demikian, tim SOIna NTT berhasil meraih 13 medali, masing-masing 4 emas, 6 perak dan 3 perunggu.

Tim SOIna NTT melibatkan peserta dari SLB Negeri Manekat Kabupaten TTS, SBL Negeri Nunumeu Kabupaten TTS, SLB Negeri Oelamasi Kabupaten Kupang dan SLB Negeri Pembina Kupang.

Untuk diketahui, PeSOnas 2022 di Semarang berlangsung meriah. Ajang yang diperuntukan bagi difabel intelektual ini, dibuka secara resmi oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (nus)

  • Bagikan