Jemaat GMIT Kota Kupang Launching Perayaan HUT Ke-408, Gelar Aneka Kegiatan

Jemaat GMIT Kota Kupang Launching Perayaan HUT Ke-408, Gelar Aneka Kegiatan

KUPANG, PENATIMOR – Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT) Jemaat Kota Kupang, Sabtu, 11 Juni 2022 melaunching Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Jemaat Kota Kupang (JKK) ke- 408.

Launching ditandai dengan ibadah yang mulai pukul 17:00 Wita.

Ketua Majelis Jemaat GMIT Kota Kupang, Pdt. Adelvina Doko Hege, didampingi Ketua Panitia Perayaan HUT JKK ke-408, Welly Benu-Ndun mengatakan Gereja Kota Kupang akhirnya bertemu dengan hari ulang tahun berdirinya gereja atau Jemaat Kota Kupang (JKK) di Tanah Timor.

Selama ini, lanjutnya, JKK baru bersepakat tahun berdiri gereja, pada tahun 1614, terhitung dari tibanya hamba Tuhan dari Belanda bernama Mattheus van den Broek tiba di Kupang untuk melayani pegawai VOC yang berpusat di Benteng Concordia, sekarang lokasi TNI AD, Batalion 743.

Van den Broek meski tidak lama melayani di Kupang, tetapi kedatangannya menandai cikal bakal berdirinya gereja Tuhan.

“Tanggal persis berdirinya JKK baru ditemukan, berawal dari Majelis Jemaat Harian (MJH) membuat Buku Sejarah Jemaat Kota Kupang. Dalam penelusuran dokumen-dokumen sejarah, akhirnya ditemukan tanggal 3 Agustus 1614. Pada tanggal tersebut ada pelayanan pembaptisan,” ungkap Pendeta Adelvina.

Dalam seminar pertama penulisan Buku Sejarah Jemaat Kota Kupang, lanjut Pdt. Adelvina, banyak informasi dan pikiran dari peserta seminar yang memperkaya dan menguatkan kesimpulan tanggal adanya jemaat yang dibaptis, sebagai hari berdirinya JKK.

Kemudian Sidang Majelis Jemaat Kota Kupang tahun 2022, memutuskan 3 Agustus 1614 sebagai hari ulang tahun JKK.

Sebelumnya, JKK merayakan Ulang Tahunnya menyatu dengan Hari Reformasi, 31 Oktober, sama dengan tanggal lahirnya Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT).

Jemaat Kota Kupang, adalah jemaat mandiri yang ikut mendukung berdirinya GMIT, mekar dari Gereja Protestan Indonesia/GPI, Indische Kerk.

Keputusan Sidang Majelis Jemaat Kota Kupang, mengenai waktu berdirinya JKK, kemudian ditindaklanjuti dengan Pembentukan Panitia Perayaan Hari Ulang Tahun JKK ke- 408.

Mengenai maksud dan tujuan Perayaan HUT Jemaat Kota Kupang ke-408, Pdt. Adelvina mengatakan adalah suatu bentuk syukur perdana seluruh jemaat setelah tanggal berdiri JKK disepakati.

Ucapan syukur jemaat, lanjutnya, diwujudkan dengan menggelar aneka kegiatan.

Aneka kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Jemaat GMIT Kota Kupang ke-408 bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya sejarah, sehingga dapat menumbuhkan semangat dalam menyatakan “Kabar Baik” kepada sesama dan lingkungan dimana anggota Jemaat GMIT Kota Kupang berada.

Mengenang kembali kisah perjalanan pelayanan Jemaat Kota Kupang sejak tahun 1614 hingga kini.

Sebagai sarana belajar bagi generasi penerus tentang sejarah Jemaat Kota Kupang.

Mengembangkan dan melaksanakan berbagai kegiatan untuk memeriahkan perayaan HUT Jemaat Kota Kupang sebagai uangkapan rasa syukur atas penyertaan Tuhan selama 408 tahun.

Sebagai media untuk mempertemukan berbagai pemikiran maupun person yang pernah melakukan pelayanan di Kupang dari 1614 hingga sekarang.

Meningkatkan persekutuan dan menumbuhkan minat anggota Jemaat GMIT Kota Kupang dan jemaat mitra dengan berbagai kegiatan yang mengedukasi, meningkatkan talenta, bakat dalam semangat mewujudkan panca pelayanan GMIT.

Tema seluruh perayaan yang diusung adalah “Kasih Yang Tak Lekang Oleh Waktu”. Tema ini sama dengan judul buku sejarah.

Ketua Panitia Perayaan, Penatua Welly Benu-Ndun, menjelaskan kegiatan yang menjadi wujud syukur, yakni Kegiatan Seni dan Budaya.

Kegiatan ini berupa perlombaan Solo dan Vocal Group (kategori anak, kaum bapak), lomba mode show, pameran kreasi anak dan aneka kuliner tradisional.

Adapula kegiatan wisata berupa kegiatan lintas alam (jelajah medan) sebagai wujud napak tilas tempat-tempat bersejarah JKK.

Kegiatan kerohanian berupa ibadah penyegaran iman. Termasuk Bidang Pendidikan berupa Lomba Cinematik Sejarah JKK, Cerdas Cermat Sejarah (CCS), Lomba Penulisan Tokoh-tokoh sejarah Jemaat Kota Kupang, Seminar Sejarah dan peluncuran buku sejarah Jemaat Kota Kupang.

Ketua Panitia, Penatua Welly Benu-Ndun menegaskan, puncak perayaan akan dilaksanakan Kebaktian Syukur HUT Jemaat Kota Kupang ke-408, pada 3 Agustus 2022.

Dalam kebaktian syukur, panitia akan mengundang sejumlah Menteri, Pimpinan Gereja-Gereja, Tokoh-Tokoh Gereja, dan seluruh warga jemaat, pada tanggal 3 Agustus 2022.

Mendahului semua perayaan HUT JKK Ke- 408 akan diawali dengan Kebaktian Launching yang akan dilaksanakan pada Sabtu, 11 Juni 2022, mulai pukul 17:00 Wita. (mel)