HP Randy dan GPS Mobil Rush Bersesuaian, 3 Jam di Hollywood, HP Randy dan Ira Sudah Direset

HP Randy dan GPS Mobil Rush Bersesuaian, 3 Jam di Hollywood, HP Randy dan Ira Sudah Direset

KUPANG, PENATIMOR – Pengadilan Negeri (PN) Kelas 1A Kupang melanjutkan sidang perkara dugaan tindak pidana pembunuhan berencana terhadap Astrid Manafe (31) dan anaknya Lael Macabe (1) dengan terdakwa Randy Badjideh pada Senin (13/6/2022).

Sidang beragenda pemeriksaan saksi ahli ITE yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim Wari Juniati didampingi empat Hakim Anggota.

Saksi ahli ITE yang dihadirkan JPU ke persidangan yaitu Yohanes Sabon, yang dalam kesaksiannya menerangkan bahwa dirinya diminta oleh penyidik untuk melakukan pemeriksaan terhadap riwayat penggunaan handphone (HP) milik para pihak terkait dalam perkara ini.

Ada 12 handphone yang diperiksa dari berbagai pihak yang diduga terlibat dalam kasus tersebut.

“Dari 12 HP yang saya periksa itu, yang saya fokus ada 6 HP, yang diduga terlibat dalam kasus ini. HP yang diperiksa adalah milik terdakwa Randy, termasuk HP milik Ira, Arca, Sonia, Santi Mansula dan beberapa lainnya,” sebut Yohanes.

Yohanes juga diminta untuk melakukan tracking HP terdakwa Randy dengan GPS mobil Toyota Rush.

Dalam hasil tracking terdapat 4.000 titik perjalanan terdakwa Randy menggunakan mobil Toyoa Rush selama 5 hari, dari tanggal 27-31 Agustus 2021.

Dari semua titik di GPS mobil Toyota Rush, diketahui perhentian paling lama di lokasi Hollywood Kelapa Lima, yaitu selama tiga jam.

“Dalam tracking dilakukan GPS mobil Toyota Rush dan handphone milik terdakwa Randy bersesuaian dengan lokasi titik tersebut,” sebut Yohanes.

Hakim Ketua Wari Juniati juga bertanya kepada ahli apakah dalam tracking HP itu Ira Ua ada bersama-sama dengan Randy atau tidak.

Terhadap pertanyaan hakim itu, Yohanes menerangkan bahwa hasil tracking tersebut hanya mengetahui korban dan terdakwa saja dalam mobil Toyota Rush, dan tidak ada pihak lain.

Yohanes juga menerangkan bahwa untuk 12 HP yang diperiksa, hanya HP milik terdakwa Randy dan istrinya Ira Ua yang kondisi nya sudah direset.

Namun ahli tidak dapat menjelaskan kapan HP Randy dan Ira direset.

Ahli Yohanes Sabon juga menerangkan bahwa kapasitas nya hanya untuk menjelaskan terkait ITE. Selebihnya diserahkan kepada pihak penyidik.

Dalam persidangan ini, terdakwa Randy Badjideh tampak didampingi oleh penasehat hukumnya. (wil)