HUKRIM  

Sidang Korupsi Wali Kota Cup, JPU Segera Hadirkan Sekda Ambon Agus Ririmase dan Putra Wawali Kupang

Sidang Korupsi Wali Kota Cup, JPU Segera Hadirkan Sekda Ambon Agus Ririmase dan Putra Wawali Kupang

KUPANG, PENATIMOR – Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri (PN) Kelas 1A Kupang kembali melanjutkan sidang perkara dugaan tindak pidana korupsi Wali Kota Cup Tahun 2017, Senin (14/3/2022) siang.

Sidang yang dipimpin oleh Majelis Hakim Y. Teddy Windoartono itu beragenda pemeriksaan saksi yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Kota Kupang.

Tim JPU terdiri atas Jeremias Pena, SH., Rumata, SH., dan Herry Wahyudi, SH.

Saksi yang dihadirkan JPU adalah Serly Megawati Lona selaku pejabat pengadaan, dan Imanuel Lasi yang berperan dalam pengadaan makanan dan snack, serta Dian selaku petugas pengadaan baliho dan spanduk dalam kasus tersebut.

Ada dua saksi yang tidak hadir dalam sidang kali ini, yaitu Agus Ririmase dan
Rafael P.H. Herman Putra selaku Direktur Utama (Dirut) CV Rumpu Rampe.

Agus Ririmase kini menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Ambon, Maluku, sedangkan Rafael P. Helmy Herman Putra merupakan putra dari Wakil Wali Kota (Wawali) Kupang, dr Hermanus Man.

Saksi Rafael P.H. Herman Putra batal hadir karena terpapar Covid-19.

Rafael diduga melaksanakan pekerjaan pengadaan pakaian Funbike dalam kegiatan Wali Kota Cup Tahun 2017 senilai Rp 750 juta.

Informasi mengenai kondisi dan ketidakhadiran saksi Rafael disampaikan dalam persidangan oleh JPU Rumata, SH., kepada majelis hakim.

“Izin Yang Mulia, untuk saksi Rafael P.H. Herman Putra tidak bisa dihadirkan karena terpapar Covid-19 Yang Mulia,” kata Rumata.

Saat ini Rafael Paulus Helmy Herman Putra sedang menjalani perawatan atau isolasi terpusat di RSUD S.K. Lerik Kota Kupang.

Rumata juga berjanji akan menghadirkan Rafael P.H. Herman Putra dalam persidangan berikut untuk didengar keterangannya.

Selain itu, lanjut Rumata, saksi Agus Ririmase belum bisa dihadirkan karena yang bersangkutan telah bertugas di Pemkot Ambon sebagai Sekda.

“Kami akan menyurati Pemerintah Kota Ambon agar Agus Ririmase bisa dihadirkan di Pengadilan Tipikor Kupang untuk didengar keterangannya sebagai saksi dalam perkara ini,” sebut Rumata.

Terpantau, kedua terdakwa mengikuti persidangan secara virtual didampingi  oleh penasehat hukum, Lesly Lay, SH., dan Tommy Jacob, SH. (wil)