SPORT  

Askab PSSI Kupang Gelar Kursus Wasit C3 Nasional, Ridwan Angsar: Harus Ada Turnamen!

Askab PSSI Kupang Gelar Kursus Wasit C3 Nasional, Ridwan Angsar: Harus Ada Turnamen!

KUPANG, PENATIMOR – Guna meningkatkan potensi diri atau kapasitas wasit sepakbola di NTT, khususnya Kabupaten Kupang, Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Kupang menyelenggarakan kursus wasit C3 Nasional.

Kegiatan ini berlangsung di Hotel Pelangi Kupang pada Senin (7/3/2022) hingga Sabtu (12/3/2022).

Selain sesi pemaparan materi di Hotel Pelangi, kegiatan praktek kursus ini akan dilakukan di lapangan Kayu Putih, Kabupaten Kupang.

Pembukaan kegiatan ini ditandai dengan pengalungan tanda peserta oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Kupang, Sipri Lau, kepada dua perwakilan peserta.

Askab PSSI Kupang Gelar Kursus Wasit C3 Nasional, Ridwan Angsar: Harus Ada Turnamen!

Wakil Ketua Asprov PSSI NTT, Ridwan Sujana Angsar, SH.,MH., dalam sambutannya, mengatakan, instruksi presiden (Inpres) memungkinkan pengelolaan APBD dapat digunakan membangun olahraga sepakbola di daerah.

Untuk itu, Dispora Kabupaten Kupang bersama Askab Kabupaten Kupang memanfaatkan regulasi tersebut untuk melakukan kegiatan kursus wasit dimaksud.

“Sesuai Inpres tersebut, oleh Kabupaten Kupang langsung diterjemahkan untuk melaksanakan kegiatan ini,” kata Ridwan yang juga Kajari Kabupaten Kupang.

“Karena itu, jangan sampai kegiatan yang sudah dirancang secara baik ini akhirnya tidak menghasilkan wasit-wasit yang berkualitas dan profesional guna memajukan sepakbola di NTT,” lanjut dia.

Askab PSSI Kupang Gelar Kursus Wasit C3 Nasional, Ridwan Angsar: Harus Ada Turnamen!

Harapannya, selain pelatihan wasit, juga harus ditindaklanjuti dengan turnamen atau kompetisi di Kabupaten Kupang.

“Alangkah naifnya kalau ada wasit yang sudah kita hasilkan banyak, tapi tidak ada turnamen,” tandas Ridwan.

Ridwan juga menyampaikan bahwa pada bulan April 2022, Askab PSSI Kupang akan menyelenggarakan turnamen Piala Bupati Kupang, dan para peserta kursus wasit tersebut setelah menerima sertifikat, nantinya akan memimpin pertandingan pada turnamen tersebut.

Untuk itu, Ridwan menegaskan agar wasit yang dihasilkan dari kursus C3 dapat memimpin pertandingan secara profesional.

“Perlu saya ingatkan, jangan sampai nanti sumber masalah turnamen ini dari wasit. Saya berharap tidak ada suap pada turnamen itu. Sekali lagi, jangan ada suap atau pengaturan pertandingan. Ini tingkat amatir, di sinilah ajang kita belajar untuk meningkatkan sepakbola datangnya dari Kabupaten Kupang,” tegas mantan Kajari Lembata itu.

Askab PSSI Kupang Gelar Kursus Wasit C3 Nasional, Ridwan Angsar: Harus Ada Turnamen!

Ridwan kembali menegaskan, suksesnya kemajuan sepakbola tidak terlepas dari peran wasit yang berkualitas, profesional dan berintegritas, dan tentunya sudah berlisensi.

Untuk itu, setelah kegiatan kursus ini, para peserta langsung diberikan sertifikat dan sudah boleh memimpin pertandingan sepakbola pada turnamen Piala Bupati Kupang pada April 2022 mendatang.

Termasuk dengan turnamen Liga Pelajar yang telah direncanakan Asprov PSSI NTT bersama Dispora NTT dan Dinas Pendidikan NTT.

“Dalam rapat Asprov PSSI NTT bersama Dispora NTT dan Dinas Pendidikan NTT, sudah diputuskan untuk melaksanakan turnamen Liga Pelajar tingkat SMA/SMK se-NTT. Turnamen ini akan diselenggarakan terlebih dahulu di daerah dan juara dari masing-masing kabupaten akan bertanding di Kupang memperebutkan piala gubernur. Saya berharap, para peserta kursus wasit C3 juga nantinya dapat memimpin pertandingan pada Liga Pelajar ini,” jelas Ridwan.

Askab PSSI Kupang Gelar Kursus Wasit C3 Nasional, Ridwan Angsar: Harus Ada Turnamen!

Sementara, Kepala Dispora Kabupaten Kupang, Sipri Lau dalam sambutannya, berharap kursus wasit C3 ini dapat menghasilkan wasit-wasit berlisensi C3 nasional yang terbaik dan mampu memimpin pertandingan secara profesional, tidak saja pada turnamen tingkat lokal di Kabupaten Kupang, tetapi juga pertandingan di tingkat provinsi hingga nasional.

Ketua Panitia, Hilarius, dalam laporannya, mengatakan, kegiatan kursus ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi wasit sepakbola di Kabupaten Kupang.

“Pelatihan ini akan menghasilkan wasit berlisensi C3 nasional yang berkualitas serta menjadi pengadil di saat memimpin sebuah pertandingan,” kata Hilarius.

Dia melanjutkan, kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan keterampilan mewasiti khususnya sepakbola, termasuk mengembangkan skill atau keahlian dalam mewasiti, serta memahami aturan-aturan wasit sepakbola terbaru, hingga melakukan pembinaan dan regenerasi wasit sepakbola di Kabupaten Kupang.

Sekadar tahu, peserta kursus wasit C3 sebanyak 30 orang, masing-masing 18 orang dari Kabupaten Kupang, 4 orang dari Flores Timur, 2 orang dari Kota Kupang dan 5 orang dari Kabupaten Rote Ndao.

Terpantau, turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kupang, Kepala Bappeda Kabupaten Kupang, Wakil Ketua Askab PSSI Kupang, Instruktur dari Komisi Wasit PSSI Pusat dan Wakil Sekretaris Asprov PSSI NTT. (nus)