HUKRIM  

Yulianto dan Istri Tinggalkan NTT, 2 Maret Pelantikan Kajati Baru

Yulianto dan Istri Tinggalkan NTT, 2 Maret Pelantikan Kajati Baru

KUPANG, PENATIMOR – Mantan Kajati NTT Dr Yulianto, SH.,MH., bersama istrinya Ny. Yessi Yulianto telah berangkat ke Jakarta untuk melaksanakan tugas barunya sebagai Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Teknis Fungsional (DTF) pada Badiklat Kejaksaan RI.

Keberangkatan Yulianto dan istrinya di Bandara El Tari, Sabtu (26/2/2022) pagi disaksikan jajaran Kejati NTT yang terdiri dari para Asisten, Koordinator, Kasi, Jaksa Fungsional dan Pegawai Tata Usaha, termasuk Kajari Kota Kupang Banua Purba, SH.,MH., Kajari Kabupaten Kupang Ridwan Sujana Angsar, SH.,MH., dan pengurus Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD).

Karo Hukum Setda Provinsi NTT, Oder Maks Sombu, SH.,MH., yang adalah mantan Kajari Kota Kupang, turut serta dalam pelepasan keberangkatan bekas orang nomor satu korps Adhyaksa di NTT itu.

Yulianto dan Istri Tinggalkan NTT, 2 Maret Pelantikan Kajati Baru

Kasi Penkum Kejati NTT, Abdul Hakim, SH., pada kesempatan itu, mengaku bangga dan berterima kasih kepada Yulianto atas berbagai prestasi yang ditorehkan selama menjabat Kajati NTT.

“Sebagai bawahan kami bangga punya pimpinan seperti beliau. Beliau pemimpin yang sangat berkarakter. Terlebih dalam penegakan hukum, khususnya penanganan perkara korupsi di NTT,” ungkap Abdul Hakim.

“Sekali lagi terima kasih atas kemuliaan jasa-jasamu di Bumi Flobamora, dan semoga sembah pengabdianmu pada pertiwi menjadi amal ibadah yang luar biasa, hanya Allah yang bisa membalasnya. Sekali lagi terima kasih atas darma bhaktimu di Nusa Tenggara Timur,” lanjut dia.

“Selamat jalan Bapak sekeluarga, semoga dimudahkan dalam segala urusan, berkah dan sukses di tempat baru. Dan semoga Bapak dan Ibu sekeluarga tetap sehat wal’afiat serta selalu dalam lindungan dan rahmat Allah SWT, aamiin yaa robbal’alamiin,” imbuhnya lagi.

Menurut Abdul Hakim, apabila tak ada aral yang merintangi, pelantikan Kajati NTT akan berlanggsung di Jakarta pada tanggal 2 Maret 2022.

Yulianto dan Istri Tinggalkan NTT, 2 Maret Pelantikan Kajati Baru

Diberitakan sebelumnya, gerbong mutasi pada Kejaksaan Republik Indonesia kembali bergerak.

Ratusan pejabat eselon II dan III dimutasi dan mendapat promosi jabatan sesuai Keputusan Jaksa Agung RI Nomor: KEP-IV-171/C/02/2022 dan Keputusan Jaksa Agung RI Nomor 54 tahun 2022.

Untuk jabatan eselon IIa dan IIb, ada 66 pejabat yang mendapat mutasi dan promosi.

Khusus pejabat eselon IIa, Kajati NTT Dr Yulianto, SH.,.MH., turut dimutasi menjadi Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Teknis Fungsional pada Badiklat Kejaksaan RI.

Selanjutnya, Jaksa Agung Burhanuddin menunjuk Hutama Wisnu, SH.,MH., yang kini menjabat Wakajati Riau sebagai Kajati NTT yang baru.

Wakajati NTT juga digantikan oleh Agus Sahat S.T. Lumban Gaol yang menjabat Koordinator pada JAM Pidsus.

Selain Kajati NTT dan Wakajati NTT, Jaksa Agung juga memutasi puluhan Kajati dan Wakajati di Indonesia.

Sementara, pada level eselon IIB, salah satu putra daerah NTT, Roberthus Melchisedek Tacoy, SH.,MH., dipromosi dari Inspektur Muda 1 pada Inspektorat Keuangan JAM Pengawasan menjadi Koordinator pada JAM Intelijen.

Sementara, untuk eselon III, ada 268 pejabat yang dimutasi dan mendapat promosi jabatan.

Di wilayah hukum Kejati NTT, terjadi pergantian beberapa Kajari.

Kajari Kota Kupang kini dijabat oleh Banua Purba, SH.,MH., yang sebelumnya sebagai Asisten Pengawasan Kejati NTT.

Banua Purba menempati posisi yang ditinggalkan Oder Maks Sombu, SH.,MH., yang menjadi Karo Hukum Setda NTT.

Sementara pejabat baru Asisten Pengawasan Kejati NTT adalah Dr Andre Abraham, SH.,MH., yang kini sebagai Kajari Jayawijaya di Wamena.

Kajari Rote Ndao, I Wayan Wiradarma, SH.,MH., dimutasi menjadi Kajari Tanah Bumbu di Batulicin.

Penggantinya adalah Budi Narsanto, SH., Koordinator pada Kejati Sumatera Selatan.

Begitu pula Kajari Belu Alfonsius G. Loe Mau, SH.,MH., dimutasi menjadi Kajari Tomohon.

Penggantinya Samiaji Zakaria, SH.,MH., yang saat ini sebagai Koordinator pada Kejati Maluku Utara.

Kajari Alor Samsul Arif, SH.,MH., dimutasi menjadi Kajari Bontang. Penggantinya, Abdul Muis Ali, SH.,MH., yang kini sebagai Koordinator pada Kejati Kalimantan Timur.

Sementara, putera NTT, Yupiter Selan, SH.,M.Hum., Kepala Seksi Upaya Hukum Luar Biasa, Eksekusi dan Eksaminasi pada Asisten Pidsus Kejati NTT, dipromosi menjadi Koordinator pada Kejati Jawa Tengah.

Putera NTT lainnya, Daniel De Rosari, SH.,MH., yang menjabat Kasi Penyidikan Asisten Pidsus Kejati Jawa Barat dipromosi sebagai Koordinator pada Kejati Jawa Barat. (wil)