Pemprov NTT Prioritaskan Pembangunan Jalan di Sabu Raijua

Pemprov NTT Prioritaskan Pembangunan Jalan di Sabu Raijua

SABU RAIJUA, PENATIMOR – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (Pemprov NTT) di masa kepemimpinan Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) dan Wakil Gubernur Josep Nai Soi (JNS) terus fokus dan gencar melakukan pembangunan infrastruktur jalan di  seluruh wilayah kabupaten-kota.

Pembangunan jalan menjadi hal penting bagi Pemprov NTT guna mendukung program pengembangan potensi pariwisata di NTT.

Seperti pembangunan infrastruktur jalan di wilayah Kabupaten Sabu Raijua yang dalam beberapa tahun belakangan ini begitu gencar dilakukan oleh Pemprov NTT.

Pembangunan infrastruktur jalan ini merupakan koordinasi antara Pemprov NTT dan Pemerintah Kabupaten Sabu Raijua melalui Dinas Pekerjaan Umum.

Sebagai daerah otonomi baru, infrastruktur jalan memang harus terus dibangun agar wilayah Kabupaten Sabu Raijua menjadi lebih maju dan dapat meningkatkan sektor ekonomi dan pariwisata.

Seperti infrastruktur jalan nasional dari wilayah Bolou-Sabu Timur hingga Mesara, Sabu Barat sepanjang 40 Km telah dikerjakan dengan dana APBN tahun 2020.

Pantauan media ini, untuk pembangunan jalan provinsi dari Seba – Liae dalam proses pengerjaan oleh pihak PT. Tunas Baru Abadi (TBA).

Pemprov NTT Prioritaskan Pembangunan Jalan di Sabu Raijua
Inilah kondisi infrastruktur jalan provinsi di wilayah Desa Pedarro Kecamatan Haumehara Kabupaten Sabu Raijua yang dibangun oleh Pemprov NTT. Diabadikan pada Jumat (3/12/2021).

Sedangkan ruas jalan Seba – Ege dikerjakan tahun 2021, termasuk dari Ledeana – Teriwu – Ledemanu – Lobodei.

Terhadap pembangunan infrastruktur jalan ini, Pemprov NTT terus memberikan perhatian khusus setiap tahun melalui alokasi anggaran untuk pengerjaan jalan provinsi.

Infrastruktur jalan menjadi kebutuhan penting dan hal prioritas untuk membuka isolasi transportasi demi meningkatkan ekonomi dan mendukung pengembangan sektor pariwisata.

Apalagi Kabupaten Sabu Raijua memiliki sejumlah potensi wisata yang tidak hanya dikenal di tingkat nasional namun sudah mendunia.

Untuk itu semua akses jalan utama ke daerah pariwisata selalu menjadi sasaran utama pembangunan oleh Pemprov NTT.

Kepala Desa Pederro Kecamatan Haumehara, Aris Bunga, kepada media ini mengatakan, pekerjaan infrastruktur jalan di wilayahnya baru selesai dikerjakan pada bulan November 2021.

“Akses jalan yang bagus ini sudah bertahun-tahun dinantikan masyarakat di sini,” kata Aris Bunga.

“Dengan infrastruktur jalan yang sudah bagus ini, masyarakat sudah sangat terbantu dan sangat berdampak positif pada peningkatan sektor ekonomi dan juga pariwisata di Sabu Raijua,” lanjut dia.

Besar harapannya, agar beberapa ruas jalan yang belum dikerjakan dapat segera mendapat sentuhan pembangunan oleh Pemprov NTT secara bertahap.

“Mewakili masyarakat Desa Pedarro, saya mengucapkan terima kasih kepada Pemprov NTT. Terkhusus untuk bapak Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, terima kasih banyak karena telah menepati janjinya untuk membangun infrastruktur jalan menjadi bagus di Sabu Raijua,” ungkap Aris Bunga. (advetorial/wil)

(Artikel ini merupakan kerja sama portal berita online Pena Timor dengan Pemprov NTT)