Tahanan Tewas dalam Sel Polsek, Kapolda NTT Copot 4 Polisi

Tahanan Tewas dalam Sel Polsek, Kapolda NTT Copot 4 Polisi

KUPANG, PENATIMOR – Seorang tahanan ditemukan tewas dalam sel Mapolsek Katikutana, Polres Sumba Barat, Polda NTT.

Korban bernama Arkin Anibara merupakan warga Desa Malinjak, Kecamatan Katikutana Selatan, Kabupaten Sumba Tengah.

Korban diduga tewas dalam sel tahanan setelah mendapat pemeriksaan dari pihak kepolisian.

“Ada empat anggota yang diduga menangani kasus tersebut, dan saat ini sudah dicopot dari jabatannya. Mereka juga sudah diamankan untuk diperiksa di Polres Sumba Barat,” kata Kapolda NTT Irjen Pol. Lotharia Latif kepada wartawan di kantornya, Senin (13/12/2021) pagi.

Menurut Kapolda, selain mencopot empat anggota Polsek Katikutana, mereka juga akan diperiksa secara insentif.

Selain itu, Kapolda mengaku memerintahkan Irwasda dan Propam Polda NTT untuk bergabung dengan Polres Sumba Barat untuk menangani kasus tersebut.

“Kita juga akan laksanakan pemeriksaan secara mendalam, sehingga apabila anggota polisi tersebut melakukan pelanggaran dalam standar operasional prosedur (SPO), maka kita akan tindak tegas,” ujar Kapolda.

Jenderal bintang dua itu juga mengeluarkan imbauan bagi anggota polisi agar dalam menangani kasus yang terjadi, anggota polisi tidak hanya fokus untuk mengejar pengakuan dari tersangka. Namun polisi harus bekerja sesuai aturan hukum yang berlaku.

“Saya sering sampaikan ke anggota jangan terlalu mengejar pengakuan tersangka dan opini dari mana pun, biar itu sebagai informasi saja. Kita tidak boleh melakukan hal seperti hukum rimba, karena siapa pun tidak ingin dituduh menjadi tersangka apabila tidak ada bukti yang kuat,” tandas Kapolda. (wil)