Mengaku Membunuh Astri dan Lael, Randy Masih Saksi

Mengaku Membunuh Astri dan Lael, Randy Masih Saksi

KUPANG, PENATIMOR – Pasca menyerahkan diri ke Direktorat Reskrimum Polda NTT, Kamis (2/12/2021) siang, RB alias Randy diperiksa intensif di ruang Subdit III/Jatanras Ditreskrimum Polda NTT.

Pemeriksaan dilakukan sejak siang oleh penyidik Reskrim Polsek Alak dan Ditreskrimum Polda NTT.

“Masih sebagai saksi dan kita dalami keterangan RB,” ujar Direktur Reskrimum Polda NTT Kombes Pol Eko Widodo, SIK., didampingi Kapolres Kupang Kota, AKBP Satrya Perdana P. Tarung Binti, SIK, Kamis (2/12/2021) petang di Mapolda NTT.

Ia mengakui kalau penanganan kasus ini dilakukan tim gabungan.

“Tim gabungan melakukan penyelidikan sesuai tahapan-tahapan,” tandasnya.

Penyidik, tandasnya sudah mendapatkan alat bukti, barang bukti dan keterangan untuk menjadi petunjuk penanganan kasus ini.

“Kita juga sudah gelar perkara dan siang tadi RB datang menyerahkan diri,” ujar dir Reskrimum Polda NTT.

Kedatangan RB diakui Direktur Reskrimum Polda NTT dengan memberikan pengakuan sebagai pelaku pembunuhan terhadap Astri dan Lael.

“Yang bersangkutan (RB) mengaku melakukan (pembunuhan). Namun kita dalami pengakuannya apakah terkait dengan penyelidikan kasus yang kita tangani,” tambahnya.

Polisi juga melakukan pengembangan dan pendalaman.

“RB hanya mengaku (membunuh korban) tetapi (pengakuannya) tidak bisa langsung kita terima tetapi kita dalami,” ujar Dir Reskrimum Polda NTT.

Ia menegaskan kalau proses penyidikan dilakukan agar kasus tersebut terang. Keluarga dan masyarakat diminta tenang dan mempercayakan penanganan kasus ini kepada penyidik kepolisian.

“Polisi cari upaya yang berkeadilan. Motif kasusnya kita dalami apakah pengakuannya ada kesesuaian atau tidak,” tandas nya.

Hingga saat ini, RB masih menjadi saksi dan masih diamankan di Polda NTT serta masih diperiksa intensif hingga malam hari.

Sejumlah barang bukti berupa pakaian korban sudah diamankan di Polda NTT.

Pasca mengidentifikasi identitas jenazah ibu dan anak yang ditemukan di lokasi penggalian pipa proyek SPAM di Kelurahan Penkase Oeleta, Kota Kupang, pihak kepolisian menyerahkan jenazah ke pihak keluarga, Kamis (25/11/2021) siang di ruang jenazah  rumah sakit Bhayangkara Titus Uly Kupang.

Hasil pemeriksaan barang bukti  pakaian yang ditemukan di TKP dan hasil uji DNA serta hasil Labfor memastikan kalau kedua jenazah adalah Astri dan Lael.

Sudah ada 24 saksi dari berbagai pihak yang layak dan patut dimintai keterangan. Saksi yang diperiksa adalah mereka yang bisa memberikan keterangan untuk pengungkapan kasus. (mel)