Tim Khusus Akpol Uji Kompetensi Lulusan Akpol di Polda NTT

Tim Khusus Akpol Uji Kompetensi Lulusan Akpol di Polda NTT

KUPANG, PENATIMOR – Biro SDM Polda NTT menyelenggarakan kegiatan penelitian Kompetensi Lulusan Akpol tahun 2017 sampai 2020.

Kegiatan dilaksanakan di Aula Rupatama Mapolda NTT, Senin (15/11/21).

Di kesempatan tersebut hadir tim khusus Akademi Kepolisian (Akpol) yang turun langsung untuk meneliti kompetensi lulusan Akpol tersebut.

Kombes Pol Suwitra pada kesempatan itu, menyampaikan terima kasih atas sambutan dari Polda NTT.

Kedatangan tim khusus dari Akpol ke wilayah hukum Polda NTT ini merupakan perintah langsung dari Gubernur Akpol.

“Kunjungan kami ini dalam rangka analisis kompetensi lulusan Akpol tahun 2017 sampai 2020 berbasis kewilayahan,” kata Kombes Pol Suwitra.

Tim Khusus Akpol Uji Kompetensi Lulusan Akpol di Polda NTT
Para alumni Akpol angkatan 2017 sampai 2020 wilayah Polda NTT.

Lanjutnya, bahwa keberadaan Akpol sebagai lembaga pendidikan pembentukan perwira Polri mempunyai representasi keberhasilan dengan tercapainya profil lulusan seorang kader pemimpin Polri berpangkat Ipda yang berintegritas dengan gelar STRK dan sebagai manager pada lini terdepan fungsi teknis kepolisian.
“Melalui pembelajaran dan pelatihan berbasis kurikilum pendidikan yang dilaksanakan selama empat tahun, diharapkan telah mampu memberikan bekal optimal pada perwira lulusan Akpol,” jelas dia.

Untuk itu hasil dari semua proses pendidikan yang meliputi pembentukan, penguasaan dan pendalaman pada kompetensi akademik, keterampilan umum dan khusus ilmu kepolisian dalam menjawab segala tantangan dan tuntutan tugas setelah berdinas.

“Untuk pelaksanaan analisis kompetensi lulusan Akpol tahun 2017 sampai 2020 berbasis kewilayahan yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 sampai dengan 19 November 2021, dimana akan diselenggarakan dengan tetap mentaati pada protokol kesehatan ketat,” imbuhnya.

Dalam kegiatan tersebut turut Hadir Karo SDM Polda NTT Kombes Pol Wisnu Widarto, S.I.K., dan juga para alumni Akpol angkatan 2017 sampai 2020 wilayah Polda NTT. (wil)