UNIK! Upacara Kenaikan Pangkat di Polresta Kupang Digelar Dini Hari

UNIK! Upacara Kenaikan Pangkat di Polresta Kupang Digelar Dini Hari

Kupang, penatimor.com – Ada yang berbeda dan unik di Polres Kupang Kota.

Upacara kenaikan pangkat perwira dan bintara kepada 41 personel pada satuan yang dipimpin AKBP Satrya Perdana P. Tarung, SIK., itu digelar berbeda dari sebelumnya.

Upacara ini digelar pada dini hari, sekitar pukul 01.00 Wita, Kamis (1/7/2021) di Mapolres Kupang Kota yang beralamat di Jalan Frans Seda itu.

Upacara kenaikan pangkat bagi 41 personel itu dipimpin Kapolres Kupang Kota AKPB Satrya Perdana P. Tarung.

Personel yang mendapat kenaikan pangkat setingkat yakni perwira dari pangkat Ipda ke Iptu sebanyak 2 orang.

UNIK! Upacara Kenaikan Pangkat di Polresta Kupang Digelar Dini Hari

Sementara bintara ada 39 orang yakni Aipda ke Aiptu 3 orang, Bripka ke Aipda 26 orang, Brigpol ke Bripka 8 orang dan Briptu ke Brigpol 2 orang.

Kapolres dalam sambutannya, mengatakan, kenaikan pangkat yang jadwalnya dipercepat adalah bentuk dari kesiapsiagaan anggota yang tugasnya tidak mengenal waktu, dimana setiap saat harus selalu siap siaga.

Kapolres juga berterima kasih kepada personel yang mendapatkan kenaikan pangkat karena telah hadir dengan respon yang baik.

“Kenaikan pangkat merupakan apresiasi dan anugerah yang diberikan dimana tanggung jawab selaku pelayan masyarakat yang semakin tinggi,” ujar perwira menengah dengan dua melati di pundak itu.

Dengan kenaikkan pangkat setingkat lebih tinggi, Kapolres berharap tingkat kedewasaan dalam bertugas semakin dewasa dan mengerti peran dan fungsi tugas Polri.

Dalam masa pandemi ini, lanjut Kapolres, Polri dituntut lebih profesional dengan beban tugas semakin bertambah untuk mengedukasi masyarakat.

Ia juga berharap personel Polres Kupang Kota harus menjadi role model dan tidak menjadi kontradiktif di tengah usaha Polri memberikan edukasi imbauan pencegahan Covid-19.

Selain itu juga Polri saat ini menjadi motor penggerak program serbuan vaksinasi yang diperintahkan oleh pemerintah.

Kapolres menyebutkan adanya kendala vaksinasi yang terjadi di masyarakat, maka personel Polres Kupang Kota diharapkan berbuat dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Jangan membuat tindakan kontradiktif yang dapat menimbulkan citra buruk institusi,” tegas Kapolres.

Kapolres berharap 41 anggota yang naik pangkat ke depan agar tetap menjaga profesionalisme dan kinerja yang lebih baik.

Terpantau, usai upacara kenaikan pangkat perwira dan bintara Polres Kupang Kota periode 1 Juli 2021, dilanjutkan dengan acara tradisi kenaikan pangkat Polres Kupang Kota. (wil)