Polresta Kupang dan Pemkot Gelar Patroli Malam, Banyak Rumah Makan Langgar Prokes

Polresta Kupang dan Pemkot Gelar Patroli Malam, Banyak Rumah Makan Langgar Prokes

Kupang, penatimor.com – Polres Kupang Kota dan Pemerintah Kota Kupang  melakukan patroli malam dalam rangka pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Kupang.

Patroli malam digelar di wilayah Kota Kupang khusus nya tempat makan dan cafe, pada Kamis (10/6/2021) malam.

Ada beberapa lokasi yang didatangi tim patroli, dimulai sepanjang dari Jalan  Frans Seda, Kedai Kopi Kulo Depan Bank Christa Jaya – Depot Seafood – Jalan W.J. Lalamentik – Kafe Kopi Petir – Jalan Palapa – Jalan Cak Doko – Warung kembar – Toko Vape store – Jalan Muhammad Hatta -Jalan Jenderal Sudirman – Jalan El Tari II  dan berakhir di Warung Bakmi Jaya.

Dari beberapa lokasi tempat yang dikunjungi tersebut, petugas memberikan imbauan dan sosialisasi kepada pelaku usaha yang masih membuka usahanya agar segera berhenti melayani makan di tempat sebelum pukul 21.00 Wita.

Kepada warga Kota Kupang yang sementara beraktivitas baik penjual atau pembeli diingatkan soal edaran terbaru Wali Kota Kupang NO 030/HK.443.1/VI/ 2021 tanggal 2 Juni 2021 tentang PPKM (Pembatasan Kegiatan Masyarakat).

Bahwa untuk pelaku usaha agar memperhatikan jumlah pembeli yang makan di tempat dengan kapasitas tempat 50 persen.
Pada pukul 21.00 Wita aktivitas makan di tempat dihentikan lalu setelah pukul 21.00 Wita dibatasi hanya untuk melayani pesan antar atau dibungkus dan dibawa pulang.

Dalam edaran tersebut ditegaskan apabila setiap pelaku usaha melanggar surat edaran tersebut maka dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan undang-undang yang berlaku.

Dari hasil kegiatan tersebut, petugas Dinas Pariwisata dan Dinas Tanaman Modal Terpadu Satu Pintu Kota Kupang (Perizinan) menemukan adanya pelanggaran yang dilakukan oleh pelaku usaha.

Pada Kedai Kopi Kulo masih melayani makan dan minum di atas pukul 21.00 wita di tempat.
Juga masih menggunakan Surat Izin Usaha yang masih manual. Adapun pada warung Bakmi Jawa sudah dilakukan peneguran sebanyak 2 kali.

Untuk kedua pemilik usaha tersebut dilakukan tindakan tegas agar pada Jumat (11/6/2021) datang ke Kantor Dinas Tanaman Modal Terpadu Satu Pintu Kota Kupang (Perizinan) untuk dilakukan pendataan ulang dan diberikan surat peringatan pertama.

Kabag Ops Polres Kupang Kota, AKP Mei Charles Sitepu, S.H., mengakui kalau patroli ini dilakukan Polres Kupang Kota bersama Pemerintah Kota Kupang untuk pengendalian penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di wilayah Kota Kupang.

Kegiatan patroli yang dilaksanakan hingga Jumat dini hari dengan sasaran masyarakat Kota Kupang yang sedang melakukan aktivitas, baik itu para pedagang atau pelaku usaha maupun masyarakat sekitar yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

“Patroli merupakan salah satu bentuk kegiatan pencegahan penyebaran Covid-19 di Kota Kupang, serta menjaga Kamtibmas di wilayah Kota Kupang sekaligus memberikan edukasi dan himbauan kepada masyarakat Kota Kupang agar tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan dan waspada terhadap penyakit Covid-19,” kata Kabag Ops.

Hal ini juga mendukung langkah pemerintah terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat, aktivitas sosial dan fisik ini juga adalah langkah Pemerintah Kota kupang dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Dengan diadakannya patroli Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat oleh Polres Kupang Kota bersama dengan Pemerintah Kota Kupang dipastikan dapat menyadarkan masyarakat Kota Kupang bahwa pentingnya menjaga kesehatan ditengah-tengah situasi pandemi Covid-19.

Kegiatan ini diharapkan terlaksana secara rutin guna mendukung program Pemerintah  Kota Kupang dalam mengatasi penyebaran Covid-19 sehingga dapat mengurangi angka positif Covid -19 yang ada di wilayah Kota Kupang.

Patroli malam ini dipimpin oleh Kabag Ops Polres Kupang Kota AKP Mei Charles Sitepu, S.H, Kasat Intelkam AKP Alberto Heru Ponato, S.I.K., M.H., dan Sekretaris Sat Pol PP Kota Kupang M. Alam Y. Girsang, S.H.,M.H.

Ditambah anggota Sat Intelkam, dan Dalmas  serta Tim Turjawali Polres Kupang Kota dan 2 regu Satpol PP Pemkot Kupang dengan melibatkan Dinas Pariwisata Kota Kupang dan Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu Kota Kupang (Perizinan). (wil)