Polda NTT Kirim 4 Catar Akpol ke Seleksi Pusat, Ada Johannes Jaha Asal Alor

Polda NTT Kirim 4 Catar Akpol ke Seleksi Pusat, Ada Johannes Jaha Asal Alor

Kupang, penatimor.com – Polda NTT segera mengirim empat orang calon taruna-taruni (Catar) Akademi Kepolisian (Akpol) yang telah dinyatakan lulus di tingkat daerah.

Empat wakil Polda NTT masih akan mengikuti seleksi lanjutan di Semarang yang dimulai pekan depan hingga akhir Juli 2021.

Polda NTT mendapat kuota mengirim empat orang calon taruna/taruni, dan kali ini yang akan dikirim adalah tiga calon taruna dan seorang calon taruni.

Salah satunya adalah Johannes Bimantara Jaha yang berdarah Nusa Kenari, Kabupaten Alor itu.

Sidang kelulusan akhir tingkat Panda Penerimaan Calon Taruna/i Akpol TA. 2021 Panda Polda NTT digelar di Aula Rupatama Lantai III Polda NTT, Rabu (23/6/2021).

Sidang yang dihadiri 12 catar Akpol dan orangtua/wali ini dipimpin Kapolda NTT, Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, .S.H., M.Hum didampingi Irwasda Polda NTT Kombes Pol. Zulkifli, S.S.T.M.K., S.H., M.M., serta Karo SDM, Kombes Pol. Wisnu Widarto.

Karo SDM Polda NTT dalam paparannya menyampaikan kalau sejak awal animo penerimaan Akpol sebanyak 90 orang pria dan 16 orang wanita.

Hingga tahap seleksi kesehatan tahap II tersisa 12 orang yakni 11 orang pria dan 1 orang wanita.

Sesuai surat Kapolri Nomor B.4206/VI/Dik/2.1.2021 tanggal 23 Juni 2021, Polda NTT mendapatkan quota kirim sebanyak 4 orang yakni 1 orang wanita dan 3 orang pria.

Mereka yang lolos dan mengikuti proses di tingkat pusat yakni Richard Daddy Balli Leba Ari, Johannes Bimantara Jaha dan Kresna Buce Tanebet serta Brigitte Trisna Bandi.

Richard, lulusan SMA Kristen Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat dan Kresna Buce Tanebet, lulusan SMA Negeri 3 Kota Kupang baru pertama kali ikut seleksi taruna Akpol. Demikian pula dengan Brigitte Trisna Bandi.

Sementara Johannes Bimantara Jaha, lulusan SMA Taruna Nusantara sudah tiga kali mengikuti seleksi penerimaan taruna Akpol sejak tahun 2019 lalu.

Keempat utusan Polda NTT ini akan diberangkatkan ke Semarang mengikuti seleksi mulai pekan depan hingga akhir Juli 2021.

Peserta yang lulus tingkat pusat selanjutnya menjalani pendidikan selama 4 tahun kedepan di Akpol Semarang mulai Agustus 2021 mendatang. (wil)