Bhabinkamtibmas Bersama Kelompok Tani di Kupang Panen Hasil Pertanian

Bhabinkamtibmas Bersama Kelompok Tani di Kupang Panen Hasil Pertanian

Kupang, penatimor.com – Bripka Samri Nenotek, anggota polisi yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Kelurahan Oebufu, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang bersama anggota kelompok tani “Cahaya Tani” melakukan panen raya padi hasil pertanian, Sabtu (29/5/2021) siang.

Usaha pertanian padi dikelola Bripka Samri Nonotek di atas lahan seluas 2,90 hektare bersama warga masyarakat di RT 07/RW 05, Kelurahan Oepura, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang.

Usaha pertanian padi ini memberikan hasil yang memuaskan sehingga mereka bersuka cita dan melakukan panen bersama karena memberikan hasil yang baik.

Panen perdana dihadiri pula Kapolres Kupang Kota AKBP Satrya Perdana P. Tarung Binti, SIK., dan Ketua Bhayangkari Polres Kupang Kota, Ny Yuni Satrya Binti.

Kelompok tani” Cahaya Tani” terdiri dari 11 anggota, dengan Ketua Kelompok Tani Mikael Nuban dan Bripka Samri Nenotek.

Bripka Samri Nenotek mengakui kalau sejak belum menjadi anggota Polri, ia sudah hobi bertani.

Bhabinkamtibmas Bersama Kelompok Tani di Kupang Panen Hasil Pertanian

Ia juga bersyukur mendapat tugas sebagai Bhabinkamtibmas sehingga banyak berbaur dengan masyarakat.

Sejak beberapa tahun lalu, ia pun merangkul petani memanfaatkan lahan dan air yang ada. Lahan digarap merupakan lahan tidur yang tidak dikelola pemiliknya karena kekurangan air padahal merupakan lahan potensial.
Kebetulan, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menitikberatkan program ketahanan pangan dan kampung tangguh, dia pun mensuport program pemerintah untuk mendukung ketahanan pangan dan kampung tangguh.

Ia meyakini jika ketahanan pangan masyarakat terpenuhi maka tindakan kriminalitas dan pidana bisa diminimalisir.

Kesempatan bertani dan berkumpul dengan para petani juga dimanfaatkan Bripka Samri untuk melakukan sosialisasi pola pertanian dan Kamtibmas sehingga masyarakat tidak terlibat tindakan kriminal.

Akhirnya lahan yang dulunya kering dan merupakan lahan tidur bisa menjadi lahan produktif dengan memanfaatkan potensi dan air yang ada.

“Dari bertani ini pun saya banyak belajar dan merasakan suka duka petani mengolah lahan dan saya pahami kesulitan dan perjuangan para petani,” ungkapnya.

Kapolres Kupang Kota AKBP Satrya Perdana P. Tarung Binti, SIK., yang diberikan kesempatan untuk panen padi perdana, merasa bangga atas prestasi dan kinerja Bripka Samri Nenotek.

“Saya sampai tidak bisa berkata-kata lagi karena apa yang dilakukan Samri luar biasa karena mengumpulkan petani dalam kelompok tani lalu mengolah lahan tidur menjadi lahan produktif. Hasilnya pun dirasakan oleh masyarakat lain,” ungkap Kapolres.

Perwira dengan pangkat dua melati di pundak itu juga mengapresiasi terobosan Bripka Samri karena memberi dampak bagi kehidupan ketahanan pangan dan perekonomian masyarakat.

Kapolres berharap kedepannya, untuk persawahan ini harus terus berkembang dan dapat dipertahankan agar menghasilkan hasil padi yang bagus.

Kemudian usaha pertanian ini dapat dikembangkan kepada generasi muda, karena partanian padi ini merupakan salah satu bahan makanan pokok paling utama.

Sedangkan Ketua Kelompok Tani “Cahaya Tani’ Mikael Nuban, mengucapkan terima kasih atas kehadiran Kapolres Kupang Kota, yang berkenan datang dan bersama mereka melakukan panen perdana.

“Usaha pertanian ini sebelumnya pada tahun 2020 mengalami gagal panen, namun kali ini hasil panen sangat baik apalagi dalam kondisi pandemi Covid-19. Kelompok tani Cahaya Tani merupakan binaan anggota Bhabinkamtibmas Polres Kupang Kota,” ungkap Mikael Nuban. (wil)