LPKA Klas 1 Kupang Melayani Anak Didik Tanpa Kekerasan

LPKA Klas 1 Kupang Melayani Anak Didik Tanpa Kekerasan

Kupang, penatimor.com – Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas 1 Kupang melakukan masa pembinaan anak didik (Andik) tanpa adanya tindak kekerasan.

Hal ini dikatakan Kepala LPKA Klas I Kupang Noveri Budisantoso saat memberikan pengarahan langsung kepada anak didik pemasyarakatan pada LPKA Kupang, Rabu (19/5/2021) siang.

Pengarahan terkait dengan penyelenggaraan pembinaan, pengawasan dan aturan yang berlaku dalam masa pembinaan di LPKA Kupang.

Noveri jelaskan tentang kewajiban-kewajiban yang harus ditaati oleh anak didik dan hak-hak anak didik yang harus dipenuhi petugas dalam menjalankan masa pembinaan di tempat tersebut.

Untuk itu menurut Noveri, setiap anak didik harus berkewajiban mengikuti setiap kegiatan dan aturan berlaku.

Mereka juga harus mengikuti setiap kegiatan pembinaan yang diselenggarakan oleh LPKA Kupang guna memiliki kepribadian yang lebih baik dari sebelumnya.

Para petugas LPKA juga harus memenuhi hak-hak anak didik, selama menjalankan masa pembinaan di LPKA Kupang.

Hak-hak tersebut berkaitan dengan pelayanan yang harus didapat oleh anak didik selama dibina di LPKA Kupang. Mulai dari hak mendapatkan makan dan minum yang layak sampai pelayanan pembinaan harus diberikan oleh petugas LPKA Kupang.

Ia juga mengajak anak didik untuk selalu bahagia dalam melewati waktu-waktu di LPKA.

“Inilah waktu terbaik untuk kembali mengenal diri, merefleksikan segala dosa dan perbuatan yang salah di hari kemarin dan mulai membenah diri untuk masa depan yang lebih baik di hari esok,” pesan Noveri.

Kepada anak didik, Noveri juga meminta kejujuran terkait perlakuan petugas, apakah ada kekerasan dalam proses pembinaan di LPKA Kupang.
Menanggapi hal tersebut, seluruh anak didik dengan lantang berkata bahwa tidak pernah terjadi kekerasan.

”Kami tidak pernah mendapat perlakuan kasar dari petugas,” ungkap para anak didik.

“Kalau ada petugas yang kasar, tulis dan masukan di kotak pengaduan yang telah disediakan,” tegas Noveri.

Ia berharap agar semua anak didik tidak terbebani selama menjalani masa pembinaan di tempat ini.

“Kalian adalah masa depan negara ini. Hiduplah dengan penuh keceriaan dan senyuman. Kalian pantas untuk masa depan yang lebih baik dari hari kemarin. Tidak ada kata terlambat untuk berubah,” pesan Noveri lagi.

“Jika terjadi kekerasan, pungutan liar dan pengedaran narkoba di sekitar kalian segera laporkan. Saya pastikan sang pelapor akan dilindungi,” pungkas Noveri. (wil)