Aipda Joel Bolang Selamatkan Bocah 11 Tahun yang Sudah 20 Jam Tenggelam di Sungai

Aipda Joel Bolang Selamatkan Bocah 11 Tahun yang Sudah 20 Jam Tenggelam di Sungai

Kupang, penatimor.com – Seorang bocah bernama Leonard Laimeheriwa yang dikabarkan tenggelam di Sungai Bileno, Kabupaten Kupang, akhirnya berhasil diselamatkan oleh anggota Polda NTT.

Bocah 11 tahun ini dinyatakan tenggelam pada Minggu (16/5/2021) siang, dan setelah dilakukan pencarian berhasil ditemukan sekitar 20 jam kemudian, oleh Aipda Joel Bolang, anggota Ditpolair Polda NTT pada Senin (17/5/2021) siang.

Sungai Bileno berlokasi di wilayah RT 06/ RW 03, Dusun II Bileno, Desa Fatukanutu, Kecamatan Amabi Oefeto, Kabupaten Kupang.

Awalnya pencarian dilakukan pihak Polsek Kupang Timur dibantu tim Polres Kupang dan Basarnas  namun tidak ditemukan.

Sehingga dilakukan pencarian lanjutkan pada Senin (17/5/2021).

Pencarian korban pada hari kedua dipimpin oleh Kapolsek Kupang Timur Ipda Victor H. Saputra, SPi.,MSi., bersama Ditpolair Polda NTT, Koramil 1604-02, Basarnas bersama masyarakat setempat.

Aipda Joel Bolang Selamatkan Bocah 11 Tahun yang Sudah 20 Jam Tenggelam di Sungai

Dalam pencarian hari kedua, anggota Ditpolair Polda NTT Aipda Joel Bolang melakukan penyelaman di area korban dinyatakan hilang.

Sekitar pukul 11.00 Wita, Aipda Joel Bolang berhasil menemukan korban dalam keadaan hidup, di dalam air dengan posisi terhimpit dekat batu yang terdapat rongga.

Korban langsung dievakuasi ke RSUD Naibonat, untuk mendapatkan perawatan.

Direktur Polair Polda NTT, Kombes Pol Andreas Susi Darto, SIK., yang dikonfirmasi media ini, Senin (17/5/2021) mengatakan sangat mengapresiasi aksi anggotanya tersebut dalam membantu menemukan korban.

“Penyelaman pencarian kedua dilaksanakan dengan hasil nihil dikarenakan derasnya arus dan jarak pandang terbatas. Namun pada pukul 10.40 wita, tim penyelaman pencarian ketiga dilaksanakan dan hasil korban berhasil ditemukan dalam keadaan selamat,” tutur Ditpolair Polda NTT.

Sekadar tahu, korban Leonard Laimeheriwa bersama ibunya mengikuti kegiatan rekreasi bersama Jemaat Getsemani Babau di sungai Bileno, Minggu (16/5/2021) sekitar pukul 14.00 Wita.

Sekitar pukul 15.40 wita rombongan hendak bersiap untuk  pulang ke Kelurahan Babau, namun korban bersama saksi  Farel Marselo Pian (11) masih mandi di dalam sungai tersebut.

Menurut farel, dirinya  sudah mengajak korban untuk keluar dari dalam sungai,  namun hanya mendengar korban berteriak padanya sebanyak 1 kali ‘’Farel tolong’’. Jarak keduanya sekitar 10 meter, mendengar teriakannya Farel menoleh dan tidak melihat korban lagi. Ia pun langsung melaporkan kejadian tersebut kepada ibu korban.

Pencarian pun dilakukan oleh rombongan rekreasi dan dibantu warga setempat. Serta melibatkan anggota kepolisian, dan tim Basarnas namun tidak menemukan korban. Sehingga dilakukan pencarian lanjutan pada Senin (17/5/2021). (wil)