Unhan RI Wisuda S2 dan S3 serta Dies Natalis Ke-12

Unhan RI Wisuda S2 dan S3 serta Dies Natalis Ke-12

Jakarta, penatimor.com – Rektor Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI) Laksamana Madya TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., DESD., CIQnR., CIQaR., IPU., memimpin jalannya Sidang Senat Terbuka Wisuda S2 dan S3 serta Dies Natalis ke-12 Unhan RI pada tanggal 17 Maret 2021 di Aula Merah Putih, Kampus Sentul.

Wisuda kali ini cukup istimewa karena untuk pertama kalinya pada tahun ini Unhan RI berhasil menyelesaikan Program Doktoral dengan 6 alumni dari Angkatan CO-1 penerimaan tahun 2018.

Total wisudawan dan wisudawati tahun ini dari Program Magister sebanyak 426 dengan rincian dari Fakultas Strategi Pertahanan sebanyak 230, Fakultas Manajemen Pertahanan 68, Fakultas Keamanan Nasional 86, dan Fakultas Teknologi Pertahanan 42.

Total seluruhnya adalah 432 wisudawan dan wisudawati dengan rincian dari TNI AD sebanyak 112, TNI AL 65, TNI AU 42, Polri 11, PNS 16 dan Umum 186.

Tampil sebagai alumni terbaik adalah Cantika Setya Permatasari dari Prodi Ketahanan Energi, Fakultas Manajemen Pertahanan dengan IPK 3,96.

Hadir pada wisuda kali ini Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Prof. drh. Aris Junaidi, Ph.D memberikan sambutan secara online mewakili Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI dan memberikan apresiasi tinggi atas kinerja Unhan RI selama ini. Hadir secara offline Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) RI Letnan Jenderal Herindra, Anggota Komisi I DPR, Komisi 10 DPR dan para pejabat Kemhan RI, Mabes TNI, ketiga Mabes Angkatan, Mabes Polri dan lembaga-lembaga pendidikan di lingkungan Kemhan RI dan TNI.

Orasi ilmiah disampaikan oleh Dekan Fakultas Farmasi Militer Prof. Dr. apt. Yahdiana Harahap, M.S. dengan judul

“Upaya Kemandirian Bahan Baku Obat dan Vaksin Selama Pandemi Covid-19 Untuk Pertahanan Negara”.

Pada kesempatan wisuda juga diresmikan Drumband Kadet Mahasiswa S1 Unhan RI “Sangka Praditya Wiratama” dengan formasi 180 personel mempersembahkan lagu-lagu mars yang bersemangat. Selain formasi drumband, maka wisuda juga dimeriahkan dengan demontrasi pencak silat bela diri tangan kosong Merpati Putih serta Band Kolintang dari Kadet Mahasiswa S1.

Acara tradisi berikutnya juga berjalan dengan khidmat diikuti oleh wisudawan dan wisudawati yang dikukuhkan sebagai kader intelektual bela negara. (*/eti)