Razia di Kupang, Polisi Sita Ratusan Liter Miras Lokal

Razia di Kupang, Polisi Sita Ratusan Liter Miras Lokal

Kupang, penatimor.com – Aparat kepolisian Polsek Kelapa Lima, Polres Kupang Kota, melakukan razia minuman keras (miras) tradisional di wilayah hukum Polsek Kelapa Lima, Sabtu (6/3/2021) petang.

Razia miras langsung dipimpin Kapolsek Kelapa Lima, Kompol Sepuh Siregar, SH., SIK.,MH.

Polisi dibagi dalam dua tim dan menyasar pemilik serta pedagang minuman keras di Kelurahan Lasiana dan Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima.

Dari dua kelurahan ini, polisi mendatangi 6 titik dan mengamankan aneka miras lokal yang dikemas dalam plastik, botol aqua dan jerigen sedang serta besar.

Rata-rata penjual adalah kaum ibu dan juga pedagang eceran.

Miras yang dijual tidak dipajang di kios atau bagian depan namun disimpan dalam kamar bahkan dalam dapur.

Polisi yang melibatkan Bhabinkamtibmas kelurahan berhasil mengamankan ratusan miras lokal jenis “sopi” dan “moke”.

Sebagian miras yang diamankan sudah dikemas dalam plastik dan botol aqua untuk siap di jual mulai dari harga Rp 15 ribu hingga harga Rp 60 ribu per botol atau per plastik.

Kapolsek Kelapa Lima, Kompol Sepuh Siregar, SH SIK MH di sela-sela razia, kepada media ini mengaku kalau selama ini pemicu tindak pidana di wilayahnya adalah minuman keras.

“Hampir sebagian besar pelaku kejahatan maupun tersangka tindak pidana yang kami amankan karena mabuk minuman keras. Makanya kita razia peredaran miras.

Kami hanya mengamankan miras yang dijual bebas, sementara pemilik dan penjual diberikan pembinaan dan peringatan tertulis,” kata Kompol Sepuh.

“Sementara ini kita awali dengan penertiban dulu sambil memberikan peringatan pada penjual, jika mengulangi lagi akan ditindak sampai sidang di pengadilan,” lanjut dia.

Kepada warga masyarakat agar menghindari peredaran dan konsumsi miras karena lebih banyak membawa dampak negatif dibandingkan dampak positif.

“Kebanyakan tindak kejahatan terjadi gara-gara miras,” tandas Kapolsek Kelapa Lima. (wil)